Selama Dua Pekan, Polisi Bakal Razia Kendaraan di Bogor

37712 medium operasi zebra lodaya %28800 x 533%29
Oleh Husnul Khatimah

CIBINONG, AYOBOGOR.COM -- Satuan Lalulintas Polres Bogor bakal menggelar operasi kepolisian dengan sandi Operasi Zebra Lodaya 2018 yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 30 Oktober 2018 hingga 12 November 2018.

Kapolres Bogor mengatakan bahwa fokus penindakan pelanggaran pada tahun ini antara lain adalah terkait keselamatan lalu lintas misalnya moda transportasi masal seperti bus dan angkutan umum seperti truk.

AYO BACA : Ratusan Kendaraan Terjaring Operasi Zebra di Kota Bogor

"Angkutan masal apabila terjadi kecelakaan yang fatal biasanya menyebabkan korban yang banyak dan dampak yang besar. Yang kedua adalah terkait dengan kelengkapan surat-surat berkendara," ujar Dicky usai apel gelar pasukan operasi Lodaya, Selasa (30/10/2018).

Dicky menjelaskan bahwa pemeriksaan surat-surat kendaraan termasuk pengesahan pajak. Menurutnya dengan menertibkan surat-surat kendaraan tersebut secara tidak langsung akan memberikan sumbangsih kepada pemasukan negara dari sektor pajak.


"Hal ini juga dapat mendisiplinkan masyarakat untuk taat membayar pajak. Selain itu juga seperti penggunaan helm dan keselamatan lainnya bagi masyarakat juga tidak akan luput dari perhatian petugas," kata Dicky.

Dia mengatakan dalam operasi juga akan dilakukan sidak kepada kendaraan angkutan umum seperti angkot, bus, mini bus, truk dan tronton. Serta kendaraan yang menggunakan TNKB dinas namun bukan menggunakan warna dinas (plat merah) dan juga sidak terhadap penggunaan rotator kendaraan selain dinas.

"Polisi akan melakukan penindakan berupa sangsi administrasi seperti tilang yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku dalam setiap pelanggaran yang dilakukan. Jumlah total petugas yang dikerahkan pada razia ini sebanyak 240 personel," kata Dicky.

Editor : Dadi Haryadi
Sudah dilihat 45 kali

Komentar