Sekolah Lansia dan Gemarikan sebagai Inovasi dalam Evaluasi KKG-PKK-KKBPK-Kesehatan 2019

19 September 2019, 19:36 WIB
2 1 106
Gambar untuk Sekolah Lansia dan Gemarikan sebagai Inovasi dalam Evaluasi KKG-PKK-KKBPK-Kesehatan 2019
Pelaksanaan Evaluasi Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan tahun 2019 di Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta telah dilaksanakan pada Rabu (18/9/2019)

Peninjauan lapangan oleh tim juri di wilayah RW 08 Wirogunan, RW 03, RW 02 dan RW 01 Bintaran menjadi perhatian di setiap jalan yang dilalui, bahkan di sudut-sudut tertentu. Salah satu yang mendapat perhatian khusus dan beberapa tim juri cukup serius untuk meng-explore informasi lebih mendalam terkait "Sekolah Lansia" dan "Gemarikan".

Sekolah Lansia dan Gemarikan (Gerakan Memasyarakat kan Makan Ikan) merupakan inovasi dalam kegiatan evaluasi tahun 2019 yang berada di wilayah RW 02 Kampung Bintaran. Ketua RW 02, Andi Maulana menyatakan inovasi ini sebenarnya telah ada dan berjalan selama ini, namun belum memiliki konsep yang menyeluruh dan belum maksimal dalam pelaksanaan di wilayah. Pengurus RW dan RT berupaya agar Sekolah Lansia dan Gemarikan ini menjadi gerakan yang dilakukan secara masif, terstruktur dan menjadi gerakan bersama dengan dukungan seluruh warga RW 02 khususnya, dan Kelurahan Wirogunan pada umumnya.

Konsep Sekolah Lansia ini untuk sementara melakukan kegiatan (1) Lansia Pengajian ; (2) Lansia Periksa Kesehatan; dan (3) Lansia Membaca. Lansia pengajian diperuntukkan bagi lansia yang Muslim, sementara yang beragam lain sesuai dengan agama dan keyakinannya. Disamping itu, mendorong dan memfasilitasi lansia untuk periksa kesehatan secara rutin, baik dalam kegiatan Yandu Lansia maupun periksa sendiri secara rutin. Lansia membaca ini, tidak hanya membaca buku yang digemari, namun juga membaca kehidupan dan membaca kitab suci sesuai dengan agama dan kepercayaannya. Membaca sebagai salah satu cara dan ikhtiar, agar lansia terus berfikir, sehingga tidak cepat pikun dan mendorong agar produktif, karena banyak pengetahuan yang didapat dari membaca.

Inovasi Gemarikan, adalah gerakan bersama seluruh warga untuk mengkonsumsi dengan lauk ikan atau olahan ikan setiap hari. Selain untuk meningkatkan gizi, juga bermanfaat bagi kecerdasan anak. Saat ini dengan berbagai jenis dan pilihan makanan, lebih-lebih makanan yang siap saji, menuntut warga untuk cerdas dalam mengkonsumsi makanan. Gemarikan sebagai pilihan cerdas bagi warga, untuk mengolah ikan menjadi makanan rutin warga. Ikan dapat dibesarkan sendiri di lingkungannya, misalnya ikan lele.

Andi Maulana menyatakan bahwa Sekolah Lansia dan Gemarikan ini akan diusulkan menjadi gerakan di kelurahan Wirogunan. "Kami telah menyampaikan kepada Lurah Wirogunan, Ibu Anastasia Erwina Siwi Utami dan Ketua LPMK, Abdul Razaq, agar dijadikan program kegiatan ditingkat kelurahan, tidak hanya sosialisasi, namun juga pelatihan pengolahan dengan bahan ikan", ujar Bapak dua putra ini.

Ditempat terpisah, Ketua LPMK Wirogunan, Abdul Razaq membenarkan usulan tersebut dan akan bersama-sama lurah Wirogunan merencanakan dan merealisasikan Sekolah Lansia dan Gemarikan. "Inovasi ini baik untuk menjadi gerakan bersama untuk cerdas dan sukses bersama", ujar Rozaq biasa dipanggil. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#BankSampahWirogunan
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  1 Komentar untuk Sekolah Lansia dan Gemarikan sebagai Inovasi dalam Evaluasi KKG-PKK-KKBPK-Kesehatan 2019

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terbaru

Berita Warga
9 jam lalu

Anyer Dan Jogja Open Trip 2020

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Kelapa Gading, Jakarta Utara

Terpopuler

  1. Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  2. Warga Kampung Wirogunan Lakukan Mapping Wilayah untuk Penyusunan Masterplan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  20 Sep 2020
  3. MENGAWAL KEBIJAKAN RESPONSIF JENDER DARI DESA

    Yani Mashudi  di  Manyar, Gresik  |  23 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    FORUM MADANI WONOSOBO

    Bhayu Surya  di  Wonosobo, Wonosobo  |  24 Sep 2020
  2. 3
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    MENGAWAL KEBIJAKAN RESPONSIF JENDER DARI DESA

    Yani Mashudi  di  Manyar, Gresik  |  23 Sep 2020