Sekjen UNESCO GGN Puji Geopark Pongkor

29 December 2018, 7:15
1 0 79
Gambar untuk Sekjen UNESCO GGN Puji Geopark Pongkor
NANGGUNG, AYOBOGOR.COM--Sekretaris Jenderal UNESCO Global Geopark Network (GGN) Guy Martini memuji keberadaan Geopark Nasional Pongkor. Hal tersebut ia katakan saat berkunjung ke beberapa geosite, salah satunya Museum Tambang Pongkor.

“Saya sangat terkesan saat berkunjung ke Geopark Nasional Pongkor. Dan Pongkor menjadi salah satu geopark yang kami kunjungi di Indonesia,” ujar Guy Martini, Kamis (27/12/2018).

Guy Martini menuturkan geopark Pongkor memiliki perbedaan dengan lainnya diantaranya adalah merupakan geopark dengan kerangka yang utuh. Menurutnya geopark yang sebenarnya, yaitu tidak hanya membangun wisata, tetapi juga berpengaruh pada setiap aspek dalam geopark dengan kekayaan geologi yang dimiliki.

Pria asal negara Prancis ini menyarankan, untuk menuju Global Geopark harus ada kekayaan geologi bernilai internasional yang ditonjolkan dan berdasarkan paparan pihak pengelola, Geopark Nasional Pongkor sudah memilikinya, di antaranya kekayaan geologi dan mineral.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor Syarifah Sofiyah mengatakan, pihaknya bersyukur mendapatkan kunjungan dan bisa memperkenalkan Geopark Pungkur kepada Sekjen UNESCO GGN tersebut.

"Kita perkenalkan Geopark Nasional Pongkor mulai dari kekayaan geologinya, kekayaan biodiversity nya juga kekayaan budayanya. Kita berikan penjelasan yang konfrehensif," terang Syarifah

Kedepan, lanjut Syarifah, setelah mendapatkan status Geopark Nasional Geopark Pongkor juga ditarget dalam dua tahun mendapatkan sertifikat UNESCO Global Geopark.

"Oleh karena itu tujuan (kunjungan) dari Mr.Guy di antaranya memberikan masukan yang berguna untuk kita. Saya berharap, kita bisa menjaga soliditas di internal badan pengelolanya, bekerja sama dengan masyarakat untuk menjaga kondusifitas. Dan pada intinya bahwa konsep geopark itu memuliakan bumi dan mensejahterakan masyarakat," tandasnya.Editor : Dadi Haryadi

  Komentar untuk Sekjen UNESCO GGN Puji Geopark Pongkor

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!