Sejarah SDN 6 Sesait

17 February 2019, 4:37
0 1 56
Gambar untuk Sejarah SDN 6 Sesait
Pada awalnya SDN 6 Sesait adalah sebuah sekolah filial dari SDN 2 Santong, karena pada waktu itu SDN 2 Santong tidak dapat menampung jumlah murid yang cukup banyak dan mengingat banyaknya siswa yang berasal dari dusun pansor yang jaraknya cukup jauh dari sekolah.
Setelah musyawarah antara dewan guru dan tokoh masyarakat di SDN 2 Santong, maka di awal tahun 2003 sekitar tanggal 9 bulan Agustus 2003 dibentuklah SDN Filial 2 Santong (Sekarang SDN 6 Sesait)
Akan tetapi keputusan ini menimbulkan pro kontra di masyarakat sekitar, ada yang setuju dan ada juga yang menolak pembentukan sekolah ini. Setelah melalui perundingan yang cukup panjang, masyarakat yang mendukung lebih banyak sehingga sekolah inipun resmi dibangun di atas tanah milik warga yang bernama Amaq Radinten yang pada akhirnya tanah tersebut dijual kepada masyarakat melalui pemerintah desa.
Pada waktu itu jumlah tenaga pendidik hanya 3 orang dengan jumlah siswa sekitar 42 anak. Karena belum ada persiapan yang memadai, maka ruang belajar siswa dibuat dari dinding pagar bambu dengan atap ilalang bertiang pohon kelapa.
Setelah tiga tahun berjalan, tepatnya pada tahun 2006, sekolah ini mendapat bantuan satu lokal ruang kelas. Karena antusias masyarakat dalam mendukung sekolah ini, maka secara swadaya masyakarat urunan untuk mengembangkan ruang kelas yang hanya satu tersebut menjadi tiga ruang kelas di tambah ruang kantor.
Seiring berjalannya waktu, lambat laun Sekolah ini semakin banyak memiliki murid, sehingga pada tahun 2011, SDN Filial 2 santong ini secara resmi berubah menjadi SDN 6 Sesait.
Sampai saat ini SDN 6 Sesait sudah meluluskan 6 angkatan dan lulusannya tersebar ke berbagai sekolah dan bahkan beberapa diantaranya sedang kuliah di Jogjakarta. Hal ini tentu menambah semangat dan keyakinan para civitas akademik di SDN Sesait bahwa sekolah ini akan banyak mencetak generasi bangsa yang berkompeten dan berdayasaing.
Sumber berita : Lalu Aenal Yakin, S.Pd (Guru dan perintis berdirinya SDN 6 Sesait)

  1 Komentar untuk Sejarah SDN 6 Sesait

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar