Sejarah Peradaban Islam di Dunia

Header illustration
Islam Pada Masa Kerasulan Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 rabi’ul Awwal tahun gajah dan kelahirannya merupakan suatu awal penyempurnaan agama Islam yang dianut oleh umat muslim dunia saat ini. Muhammad SAW adalah rasul terakhir yang menerima wahyu dari Allah subhanahu wa ta’ala melalui Malaikat Jibril dan kemudian Wahyu tersebut dikenal sebagai kitab Alquran yang menjadi pedoman hidup bagi kaum muslimin. Tidak hanya Alquran saja yang menjadi pedoman bagi umat muslim akan tetapi segala perkataan dan perbuatan Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang dikenal dengan Hadits Rasulullah juga menjadi pedoman lain dalam menentukan segala aspek kehidupan manusia terutama umat Islam. (baca manfaat membaca Alqur’an dalam kehidupan)

Pada masa kepemimpinan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam banyak kejadian yang terjadi dan tercatat dalam sejarah umat Islam diantaranya

Peperangan Umat islam
Umat islam pada masa Rasulullah melakukan peperangan dalam Perang Uhud, Perang Badar, dan beberapa perang lainnya selain itu rasulullah juga berhasil merebut kota Mekah dengan terjadinya peristiwa Fathul Mekah. Setelah terjadinya peristiwa Fathul Mekah banyak Masyarakat khususnya kaum Arab yang masuk Islam cara berbondong-bondong dan selanjutnya dimulailah pembangunan dan segala sesuatu yang mendukung perkembangan Islam dan dakwah di Jazirah Arab (baca jazirah islam).

Pengembalian fungsi ka’bah dan Pembangunan Mekah
Saat itu Ka’bah kembali disucikan dan berhala-berhala yang ada di sekitarnya yang merupakan sembahan kaum Quraisy dihancurkan. Rasulullah SAW dan umatnya pun membangun beberapa masjid besar seperti Masjid Nabawi, masjid-masjid lainnya yang digunakan sebagai tempat beribadah umat muslim pada saat itu.

Islam juga Mulai disebarkan ke negara atau daerah lain di luar Arab seperti halnya saat Rasulullah mengirim utusan kerajaan Persia dan beberapa kerajaan lain yang ada di sekitar Jazirah Arab meskipun Rasulullah mengalami banyak penolakan dari negeri tersebut. Setelah Rasul wafat maka kepemimpinan umat Islam dan peradabannya dilanjutkan oleh para khalifah yang dikenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin.(baca 10 tempat bersejarah dalam islam)

Komentar