Sedang Tidak Haid Tapi Keluar Bercak Darah? Simak Uraiannya

23333 medium iustrasi darah haid 20160125 112011
Seorang Ginekolog di NewYork-Presbyterian Hospital Timothy Ryntz, MD, menjelaskan, bercak di antara periode ini sangat umum terjadi. Meskipun hal tersebut belum tentu normal. Flek seperti itu belum tentu mengkhawatirkan.
.
"Yang perlu diperhatikan adalah ketika terjadinya konsisten," kata Dr Ryntz, sambil menambahkan terjad lebih dari tiga siklus berturut-turut.
.
Apabila bercak muncul akibat fluktuasi hormonal, umumnya keluar dalam tiga siklus. Tapi, jika itu tidak terjadi, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda kemungkinan berurusan dengan penyebab yang lebih serius, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).
.
Faktor lain yang harus diperhatikan adalah warna bercak darah. Dr Ryntz mengatakan apabila darah berwarna gelap atau kecokelatan mungkin tak begitu mengkhawatirkan dibandingkan warna merah cerah.
.
"Itu menunjukkan sesuatu yang aktif terjadi," katanya.
.
Dr Ryntz mengatakan, kemungkinan ada luka kecil di vagina setelah seks kasar. Atau bisa juga akibat sesuatu yang lebih serius seperti kanker serviks. Sekali lagi, kuncinya konsistensi. Apabila terjadi sekali, lanjut Dr Ryntz itu bukan masalah besar. Tapi patut diperiksa apabila terjadi setiap kali Anda berhubungan seks.
.
Lantas, bagaimana menghentikan flek? "Tidak banyak yang dapat Anda lakukan selain menjaga kesehatan," kata Dr Ryntz.
.
Itu berarti langkah pertama menyingkirkan bercak adalah mencari tahu apa yang menyebabkannya.
.
Semoga bermanfaat.

Komentar