Sebuah Renungan : Perlukah Sapaan Anak Kost ?

13 September 2019, 08:02 WIB
1 0 70
Gambar untuk Sebuah Renungan : Perlukah Sapaan Anak Kost ?
Anak kost atau anak yang tinggal sementara untuk mengikuti pendidikan di Yogyakarta, khususnya di wilayah Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta cukup banyak yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Disamping itu, di wilayah Wirogunan terdapat beberapa asrama mahasiswa, antara lain, asrama Aceh, Asrama Kalimantan, Asrama Sumatra Barat. Keberadaan asrama dan kost ini akan sangat berpengaruh dalam tata pergaulan masyarakat dan sangat mempengaruhi budaya dan sosial masyarakat setempat. Kondisi ini, menuntuk perhatian yang serius dari pemangku kepentingan dan tokoh masyarakat di wilayah Kel. Wirogunan.

Kondisi ini, menuntut langkah antisipasi dari kemungkinan negatif yang akan ditimbulkan dikemudian hari. Salah satu upaya dengan penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi Gerakan Sapaan anak Kost yang dilaksanakan pada Selasa (10/9/2019) di pendopo Wiroguno, Kel.Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Kel. Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, Ketua LPMK Kel. Wirogunan, Abdul Razaq, Ketua TP PKK ibu Suparti Sukarno, Babinsa, Babimkamtibmas, Pengurus TKPKK, perwakilan induk semang (pemilik kost), Ketua-ketua asrama, anak kost dan beberapa perwakilan pemuda di 7 kampung se-wilayah Wirogunan.

Lurah Wirogunan, menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai langkah preventif bagi semua pihak, tidak hanya anak kost atau anak asrama namun bagi pemilik pondokan/kost memperhatikan hal-hal dalam peraturan walikota dan turut serta menjaga ketentraman dan kenyamanan wilayah. Kondisi ini, diperlukan kerjasama, dan komunikasi yang baik, agar Kel. Wirogunan tetap kondusif bagi semua. "Kami berharap, apabila ada permasalahan di wilayah terkait dengan pondokan, sebisa mungkin diselesaikan dan dikomunikasikan antar pihak-pihak yang bermasalah, namun sebisa mungkin menghindari jalur hukum. Peran Babinsa dan Babinkamtibmas sebagai alternatif membantu permasalahan di wilayah", ujar Ana Siwi.

Tindakan antisipasi dengan koordinasi dan komunikasi sangatlah penting, agar permasalahan wilayah dapat terselesaikan dengan cepat, tepat dan tuntas. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#BerbuatUntukMasyarakat
#MemanfaatkanHidupUntukBermanfaat

  Komentar untuk Sebuah Renungan : Perlukah Sapaan Anak Kost ?

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. GASA Kembali Berbagi Sayuran "Warga Bantu Warga" di Lima Kampung se-Kel. Wirogunan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 May 2020
  2. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  3. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020
  4. 2
    Komentar

    PT Chandra Asri Dukung Penerapan Aspal Plastik Di Semarang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Semarang Kota  |  22 May 2020