SD Maria Purworejo, Bergerak Selamatkan Lingkungan

60571 medium post 66227 c0122562 6dd3 4ccb 884c eeeee4c3c660 2019 05 07t22 59 51.445 07 00
Saat ini persoalan lingkungan perlu mendapat perhatian lebih seksama dan bijak. Lingkungan tempat hidup manusia mulai terancam oleh berbagai dampak yang ditimbulkan berbagai aktifitas manusia. Dari tahun ke tahun menampakan perubahan yang signifikan dengan ditandai berbagai masalah seperti seperti banjir, peningkatan suhu di bumi, polusi udara, persoalan sampah, lingkungan kumuh dan lain lain. Kesemuanya tidak terlepas dari peran umat manusia yang tinggal di bumi untuk menjaga lingkungan agar memberikan daya dukung terhadap kehidupannya.

Yang diperlukan hari ini adalah perubahan budaya berperspektif lingkungan berkelanjutan. Anak sekolah adalah subyek perubahan untuk masa depan yang menjanjikan, pembentukan Sekolah Adiwiyata salah satu cara dimana sekolah memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Dengan pembiasaan pengolahan sampah dan membuat lingkungan hijau akan menumbuhkan kesadaran untuk menjadi peduli dan ramah pada lingkungan.

Seperti apa yang dilakukan di SD Maria Purworejo di Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, yang bernaung di bawah Yayasan Asti Dharma dan dikelola oleh para Suster Konggregasi PBHK. Pada tahun ajaran 2018/2019, selepas perayaan 90 Tahun SD Maria mengelar rangkaian acara selama 6 bulan menuju Sekolah Adiwiyata dengan mengandeng Komite Sekolah dan Paguyuban Parenting (Paguyuban Wali Murid) melalui beberapa kegiatan berupa: mengembangkan wawasan bagi warga sekolah tentang pemanfaatan sampah dan barang bekas, memelihara lingkungan hijau di sekolah, mengolah barang bekas untuk kerajinan yang dipamerkan di sekolah, study banding ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Jetis, belajar pengolahan sampah di Bank Sampah Purworejo, membuat program pemilahan sampah ke tiga jenis tempat sampah di masing-masing kelas dan memanfaatkan lingkungan hidup sebagai apotik hidup juga pemahaman cinta lingkungan dimasukan dalam materi ekstrakurikuler.

Kami berharap semoga seluruh lembaga pendidikan yang ada di kabupaten Purworejo mampu mewujudkan sekolah ramah lingkungan dan menjadi model bagi seluruh lembaga pendidikan di Indonesia, ungkap Desi W.N salah satu Guru pengajar. Mengingat kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia saat ini sudah sangat memprihatinkan, mari bergandeng tangan mewujudkan Bangsa Indonesia yang bersih dan ramah lingkungan, tambahnya penuh semangat saat wawancara dikediamannya di Kaligesing pada 7 Mei 2019.

Foto dokumentasi kegitan SD Maria
Sudah dilihat 73 kali

Komentar