SAVE THE CHILDREN

0 0 93
Gambar untuk SAVE THE CHILDREN
Lombok Utara, Save The Children dan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dalam hal ini diwakili oleh Dikpora menyelenggarakan kegiatan lokakarya PAUD HI dan Gugus Tugas PAUD HI Kamis, 17 September 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman seluruh stakeholder yang terlibat dalam PAUD HI, sekaligus untuk memetakan tugas masing-masing gugus PAUD HI.

PAUD HI atau PAUD Holistik Integratif adalah sebuah bentuk komitmen Pemerintah dalam menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak. Pelaksanaan PAUD HI dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif.

Satuan PAUD sebagai wadah pemberian layanan pemenuhan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak oleh berbagai pihak dan pemangku kebijakan.

Layanan PAUD Holistik Integratif ini meliputi 6 aspek perkembangan anak usia dini, yakni perkembangan kognitif, bahasa, seni, sosial emosional, moral dan agama dan perkembangan motorik anak. Dalam penerapan PAUD Inklusi berbasis holistik-integratif, para lembaga maupun pendidik sekolah juga harus menekankan layanan kesehatan dan gizi serta stimulasi, termasuk layanan PAUD juga harus memiliki konsep program berbasis keluarga dan komunitas.

PAUD HI menyatukan beberapa instansi untuk sama-sama terintegrasi dalam mendukung pengembangan anak usia dini. Di PAUD HI minimal ada 3 lembaga yang bekerjasama yaitu dinas pendidikan, Dinas Kesehatan melalui kegiatan posyandu dan dinas BP2KB Kabupaten melalui program bina keluarga balita.

Selain menjalankan fungsi utama untuk mengembangkan kualitas diri anak di usia dini, PAUD HI umumnya juga diterapkan untuk melakukan pencegahan penyakit menular dan peningkatan status gizi anak. Pengajaran di PAUD HI juga melibatkan orang tua guna memberikan pengetahuan agar anak tetap mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas. sistem pengajaran seperti ini sekaligus mengajak orangtua untuk bertindak sebagai tutor saat anak berada di rumah.

Pengembangan anak usia dini holistik integratif direncanakan secara sistematis dan diterapkan secara sistemik dan diterapkan secara sistemik di Satuan PAUD ( TK/KB/TPA) untuk mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak secara optimal agar kelak menjadi anak yang berkualitas dan berdaya saing di masa depan.

Sumber: laman dishubkominfoklu

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru

Berita Warga
1 jam lalu

Membaca Tanda-Tanda

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Banjarmasin Kota

Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021
  3. Relawan PMI Evakuasi Korban Longsor Sumedang

    KSR PMI Kota Bandung  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  13 Jan 2021
  4. Meraup Keuntungan dari Bisnis Hidroponik, Mahasiswa KKN UIN Walisongo diberi Bekal dari Petani

    Arini Noor Khasanah  di  Ngaliyan, Semarang Kota  |  14 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Relawan PMI Evakuasi Korban Longsor Sumedang

    KSR PMI Kota Bandung  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  13 Jan 2021
  3. 1
    Komentar

    FGD Prioritasi Advokasi Dana Kelurahan Kota Surakarta

    Tina Dewi S  di  Surakarta Kota  |  15 Jan 2021
  4. 0
    Komentar

    Pelatihan Kerja Gratis BLK Sidoarjo

    Gilang H H  di  Surabaya  |  18 Jan 2021