Sampah di Jalan Karanjalembah Dibersihkan

8 July 2019, 16:49 WIB
7 0 118
Gambar untuk Sampah di Jalan Karanjalembah Dibersihkan
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sigi kerjasama dengan Satpol PP Sigi membersihkan tumpukan sampah di Jalan Karanjalemba, Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, Jumat (5/7/2019).

Kepala DLH Sigi, Moh Afit Lamakarate mengatakan dilibatkannya Satpol PP menangani permasalahan sampah, mengingat tugas Satpol PP adalah mengawal penegakan Peraturan Daerah (Perda) salah satunya adalah Perda sampah.

“Selain bersihkan sampah, kami juga membagikan brosur untuk tidak membuang sampah sembarangan kepada pengendara yang lewat,” katanya epada wartawan Media ini, Jumat (5/7/2019).

Dijelaskan Afit, kegiatan itu bertujuan untuk membiasakan kebersihan dan membersihkan lokasi sampah yang bukan tempat pembuangan sampah, seperti di Jalan karajalembah. “Yang penting adalah berkaitan dengan program Sigi Hijau. Program ini yang ingin terus kita galakkan, khususnya terkait pengelolaan persampahan. Kita sadar bahwa kita masih banyak kekurangan, tapi kita akan terus mendorong kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Terkait pemasangan tanda larangan membuang sampah, pihaknya akan intensif melakukan rapat dengan Satpol PP, karena tahapan penegakan Perda diawali dengan sosialisasi pada masyarakat. Sebab jika tidak dilakukan sosialisasi, maka tidak dapat dilakukan penegakan. “Kalau sudah sering disosialisasikan, tapi masyarakat masih buang sampah sembarangan maka sudah akan dilakukan penegakan sanksi sesuai dengan Perda Sampah,” tandasnya.

Ditambahkan Afit, dengan dipasangnya tanda larangan buang sampah, maka pihaknya juga menyiapkan langkah alternatif, yakni melakukan rapat bersama beberapa developer di BTN Kelapa Gading dan Ketua REI Sulteng yang juga membidangi wilayah Sigi membahas tentang sampah perumahan.

Sebab dengan bertambahnya penduduk Sigi khususnya perumahan yang notabene areal pembuangan sampahnya tidak ada, maka mereka akan akan membuang sampah sembarangan. “Olehnya kita minta kalau dalam dokumen lingkungan ada UKL UPL maupun SPPL yang harus mengelola sampah,” ujarnya.

“Pihak developer BTN Kelapa Gading dan sekitarnya harus menyiapkan lokasi, nanti kita siapkan bak sampah untuk transit sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah,” sambung Afit soal sampah di sekitar Jalan Karanjalembah.

Kasat Pol PP dan Damkar Sigi, Andi Wulur mengatakan pada dasarnya Satpol PP penegak Perda, salah satunya Perda Sigi Nomor 9 Tahun 2013 tentang sampah.

Perda yang sudah disosialisasikan itu mengatur tentang pengelolaan sampah, pembuangan sampah, kemudian berperilaku hidup sehat salah satunya harus bersih dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Apapun yang akan dilakukan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sigi, khususnya Dinas Lingkungan Hidup maka kita akan tetap berkolaborasi,” ujarnya kepada wartawan Media ini.

Ditegaskan Andi WUlur, Satpol PP siap mengawal Perda tersebut sehingga program Pemkab Sigi melalui DLH menjadi tanggungjawab bersama. “Apa yang dilakukan hari ini sebagai wujud kerjasama antara DLH dan Satpol PP. Kedepan kami sampaikan kepada Kadis Lingkungan Hidup bahwa dimanapun, kapanpun, kamis siap untuk bersama-sama DLH mengawal tegaknya Perda persampahan, apalagi di -wilayah yang bukan areal untuk pembuangan sampah,” tandasnya. 

Sumber : Harian Mercusuar

  Komentar untuk Sampah di Jalan Karanjalembah Dibersihkan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Alhamdulillah Telah Hadir Radio Rodja 100.1 FM

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cileungsi, Bogor Kota  |  20 Feb 2020
  2. Sandang Peringkat 11 Wilayah Rawan Bencana, PMI Banyuwangi Susun Rapat Kerja Kemitraan

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  18 Feb 2020
  3. Menyatukan Langkah, FKDM se-Kota Yogyakarta Melakukan Rakordasi Perdana 2020

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  21 Feb 2020
  4. Meski tanpa aplikasi,SARIPAH bisa menulis

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Meski tanpa aplikasi,SARIPAH bisa menulis

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    THE COLOURFULL RAJUMAS

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    20 - 02 - 2020

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  4. 3
    Komentar

    Merdeka Mengajar Bukan Berarti Semau Gue.

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 Feb 2020