SALAK-SALAK TERBAIK DI INDONESIA

28861 medium post 37968 5b7c733c 4c66 454a 8968 ee666d7b83f8 2018 07 26t09 29 58.848 07 00 28862 medium post 37968 75f6a407 51b9 409d b5ff 2fdd985b20aa 2018 07 26t09 29 59.548 07 00
Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang kaya akan buah-buahan tropika. Salah satu jenis buah tropis unggulan yang terdapat di negeri ini adalah buah salak. Jenis-jenis salak yang ada di Indonesia pun cukup beragam. Varietas salak yang dibudidayakan di setiap daerah berbeda-beda, bukan hanya jenisnya yang berbeda, rasa buah serta ukurannya pun berbeda.

Dari bermacam-macam kultivar dan varian salak yang ada, terdapat tiga jenis yang memiliki keistimewaan dan dikenal sebagai kultivar salak terbaik di Indonesia. Ketiga jenis kultivar berikut ini memiliki ciri khas dan keistimewaan yang tidak didapatkan pada jenis salak lainnya.

1. Salak Madu

Kultivar salak madu merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Salak madu berasal dari daerah Sleman, Yogyakarta. Beberapa keistimewaan salak madu antara lain:

Daging buahnya empuk dan tebal, rasanya manis seperti madu.
Tekstur daging buahnya renyah dan lembut.
Berbuah sepanjang tahun, tidak mengenal musim.
Produktivitasnya tinggi, produksi mencapai 4—6 kg/pohon/tahun.
Sementara, ciri-ciri khusus yang dimiliki salak madu sebagai berikut.

Bentuk buah segitiga atau lonjong.
Daun tebal dan berpasangan.
Duri hitam, kerap dan panjang.
Pelepah daun pendek.
Pada punggung pelepah terdapat duri.
Rasa buah manis spesifik seperti madu.
Kandungan air banyak.
Daging buah lebih empuk dan tebal serta terdapat bintik kecokelatan seperti madu bila dibelah.
Kulit buah tipis.
Warna biji cokelat ada garis kuning.
Kulit buah bersisik, tersusun seperti genteng berwarna cokelat mengilap.

2. Salak Pondoh

Kultivar salak pondoh termasuk jenis salak terbaik di Indonesia. Kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Salak pondoh mulai dikembangkan sejak 1980-an di lereng Gunung Merapi sisi tenggara. Kultivar salak pondoh terdiri atas bermacam-macam varian, beberapa yang cukup terkenal, yaitu pondoh super, pondoh hitam, pondoh gading, dan pondoh nglumut yang berukuran besar.

Beberapa keistimewaan salak pondoh antara lain:

Daging buahnya manis dan garing.
Tekstur daging buahnya renyah.
Daging buahnya tidak sepat, meskipun masih muda.
Produktivitasnya tinggi.
Ciri-ciri khusus salak pondoh sebagai berikut.

Daun tidak berpasangan.
Duri lemas dan agak jarang.
Pelapah daun panjang.
Kandungan air tidak sebanyak salak madu.
Rasa tidak semanis salak madu.

3. Salak Gula Pasir
Kultivar salak terbaik yang ketiga berasal dari Pulau Bali, yaitu salak gula pasir. Keistimewaan salak gula pasir adalah rasanya yang manis, memiliki daging buah yang tebal dan bijinya kecil. Tekstur daging buahnya kering dan renyah. Setiap buah berisi satu biji dengan 1—2 anakan berupa daging buah.

Setiap biji dibungkus daging buah berwarna putih kusam dan rasanya renyah. Keistimewaan salak gula pasir, yaitu buahnya sudah terasa manis sejak masih muda. Akan tetapi, salak gula pasir agak sulit dikupas.
Sudah dilihat 66 kali

Komentar