Salah Satu Penyebab Macet Di Jalan Penghubung Babelan Tarumajaya

22840 medium img 20180315 wa0018
Jalan penghubung Kecamatan Babelan ke arah Kampung Bogor, Kecamatan Tarumajaya yang berada di Desa Babelan Kota Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, terputus.

Akibatnya, akses lintas warga terganggu. Tak jarang kemacetan panjang kendaraan baik roda dua maupun roda empat terjadi di dua arah, sampai beberapa kilometer sehingga rawan kecelakaan.

Sejumlah warga Babelan menuturkan, awalnya jalan itu amblas, lantaran tingginya intensitas hujan membuat jalan penghubung antara Kecamatan Babelan – Kecamatan Tarumajaya itu amblas. Selain itu, kendaraan alat berat seringkali melintas di jalan itu.

“Intensitas kendaraan alat berat cukup padat, ditambah hujan terua menerus mengguyur jalan itu beberapa waktu lalu,” terang warga.

Warga berharap kepada pemangku kebijakan maupun pihak terkait, memperhatikan jalan yang terputus itu.

“Agar perekomian warga tidak terputus, mohon kiranya Bupati Bekasi segera memperbaiki jalan itu,” harap Linjong (57), pengguna jalan yang sering melintas.

Jalan terputus itu berada di Kampung Pulotimaha RT 03/09 Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan diduga adanya pergerakan tanah, karena intensitas hujan tinggi, volume kendaraan besar yang cukup tinggi juga kultur tanah yang labil mengakibatkan terputusnya jalan sepanjang 12 meter dengan lebar 3 meter dan kedalaman 30 cm,

“Jalan di Kampung Pulo Timaha ini sering macet panjang loh, mas. Selain jalan itu terputus, di jalur sebelah juga banyak mobil besar keluar masuk ke lokasi perumahan pada ngangkutin tanah buat ngurug. Padahal setahu saya, ada UPTD Bina Marga DPUPR yang kantornya di Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan,” kata Linjong.

Riyadh, Kaur Pembangunan Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan membenarkan terputusnya jalan itu.

“Terputusnya jalan itu terjadi sudah sejak lama yang disebabkan tingginya intensitas hujan yang tinggi dan kemungkinan tanahnya labil hingga terjadinya pergerakan tanah yang mengakibatkan terputus jalan itu,” terangnya.

Bahkan, katanya, pihaknya dan BPD D Babelan Kota ini sudah melakukan upaya terkait jalan putus itu kepada pihak pelaksana proyek perumahan yang armada truk angkutan tanah itu yang melintasi jalan tersebut, agar ada perhatian terhadap perbaikan jalan itu. Saat ini sudah dilakukan pengurugan menggunakan batu kapur dan cerucug bambu.

“Jika jalan yang putus itu tidak segera dilakukan perbaikan, maka kemacetan jalan itu akan selalu terjad,” ujar Ketua BPD Desa Babelan Kota, Rinda Suhendra

Komentar