Saking Dinginnya, Embun Beku Mirip Salju Muncul di Kaligua Brebes

27808 medium whatsapp image 2018 07 07 at 19.16.54 300x168

BREBES – Suhu dingin yang sedang terjadi kurun beberapa hari ini, mengakibatkan fenomena alam yang tidak biasa. Seperti yang terjadi di Objek Wisata Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, JawaTengah. Saking dinginnya suhu udara di sana, sampai turun embun beku mirip salju.

Pengguna media sosial terutama di kawasan Brebes dan sekitarnya dikagetkan dengan sebuah rekaman embun beku yang turun di Kaligua. Dalam video itu terlihat, sejumlah pekerja pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) di Kaligua pun sempat mengambil bulir-bulir embun beku bak es.


Kaligua sendiri terletak di lereng barat Gunung Slamet, gunung tertinggi kedua di pulau Jawa. Sejumlah warga setempat mengetahui di daerah tersebut terdapat embun beku yakni pada Sabtu (7/7) pagi.

“Jumat (6/7) malam sudah mulai sangat dingin. Hawa dingin terjadi beberapa hari terakhir ini, namun, semalam sepertinya puncaknya,” kata Kepala Desa Pandansari, Kamdo, Sabtu.

Kamdo menuturkan, pada Jumat Pukul 23.00 WIB, dataran Kaligua yang berada di ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut, terasa sangat dingin.

Dia memperkirakan, suhu udara ketika itu sampai 3 derajat celcius, yang terjadi dua hari dari Jumat hingga Sabtu. Bahkan, suhu di Sakub yakni puncak tertinggi di Kaligua, mencapai minus derajat celcius.

“Setiap akhir musim kemarau memang biasanya terjadi embun beku seperti sekarang ini. Karena saking dinginnya, embun jadi beku atau frozen,” ungkapnya.

Saat ini, daerah penghasil teh dan sayur mayur itu kembali bersuhu normal. Meski begitu, ia memprediksi, suhu dingin kembali terjadi pada malam ini.

Dia mengatakan, fenomena alam ini belum ada dampak buruk, dari munculnya embun beku terhadap tanaman sayur di Kaligua. “Belum ada dampak. Semoga tidak ada,” ujarnya.
Panturapost.com
Sudah dilihat 92 kali

Komentar