Saka Wira Kartika Koramil 0815/18 Gondang Ditempa Materi Survival

66743 medium img 20190714 wa0025
Mojokerto, - Sejumlah anggota Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 0815/08 Gondang Kodim 0815 Mojokerto, mendapat pelatihan survival di Kasumi Complek, Dusun Kemasan, Desa Kemasan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (13/07/2019)

Serda Nur Hidayat selaku Pamong Saka menuturkan, pelatihan materi Survival ini diikuti 16 orang anggota SWK Koramil 0815/18 Gondang dan berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu (13/07) hingga Minggu (14/07).

Lebih lanjut, Pamong Saka menjelaskan, materi Survival yang diberikan ini merupakan syarat yang harus ditempuh anggota SWK untuk mendapatkan Wing Jungle Survival.

Masih tutur Pamong Saka, selain materi survival, selama kegiatan, para peserta juga diberikan materi secara keseluruhan yakni Krida Pioneering, Navrat, Mountainering, Penanggulangan Bencana dan Krida Survival, namun fokusnya di materi Survival.

Masih tutur Serda Nurhidayat, untuk materi Survival, anggota SWK diberikan beberapa pengetahuan, diantaranya, tumbuhan dan hewan yang bisa dikonsumsi secara aman, cara memasang jerat untuk hewan hutan secara tradisional, cara menangkap ikan, baik tanpa alat maupun menggunakan alat.

Tidak itu saja, para peserta juga dilatihkan tentang pertolongan pertama gawat darurat (PPGD). dengan dibantu Instruktur dari SWK Koramil Gondang Andrew Maulana, Sertu Mukhtar Lubis dari Koramil Gondang dan Pembina SWK.

Para peserta yang berjumlah 16 orang terdiri dari 8 putra dan 8 putri tersebut, berasal dari SMAN 1 Gondang, MA Gondang, SMAI Diponegoro dan SMK Hayam Wuruk, sangat antusias selama melaksanakan kegiatan survival.

"Meskipun harus berjalan dengan jalan peta sejauh lima kilometer dari Makoramil ke lokasi latihan (Kasumi Komplek) melalui Lembah Mbencirang, kami sangat senang, karena jalan peta termasuk aplikasi Krida Navigasi Darat," ungkap Dzikri Maulana, salah satu anggota SWK Koramil 0815/18 asal Madrasah Aliyah Gondang.

Penyematan Wing Jungle Survival oleh Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Wiyanto selaku Ka Mabisaka, di Makoramil setempat, Minggu (14/07) pukul 10.30 WIB, menjadi penutup kegiatan Survival SWK Koramil Gondang.
Sudah dilihat 46 kali

Komentar