Rumah Warga Terbakar, Keris Pusaka Ikut Hangus

36391 medium kebakaran kulonprogo
Rumah milik Maryoto (85) warga Derpoyudan, Desa Tirtorahayu, Kecamatan Galur, Kulonprogo, ludes terbakar hari ini (19/10/2018). Api menghanguskan bangunan rumah dan barang-barang milik korban, termasuk keris pusaka miliknya. Bahkan tumpukan kayu jati untuk bahan membuat meubel ikut ludes terbakar. Diduga, api berasal dari hubungan arus pendek listrik.

Salah seorang warga di sekitar lokasi, Akhmad Tribiyanto saat itu dirinya tengah melintas di dekat rumah korban dan melihat kepulan asap sudah muncul dari dalam rumah. Tidak lama berselang api sudah membakar sampai di bagian atap rumahnya.

Warga yang berdatangan berusaha untuk memadamkan dengan peralatan seadanya. Mereka bahu membahu dengan petugas TNI dan Polri yang ikut berdatangan. Lantaran api yang sudah membesar, upaya warga tidak membuahkan hasil. Warga hanya melokalisir api agar tidak merembet dan membakar bangunan yang ada di dekatnya.

Api baru bisa dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi. Namun, api sudah terlanjur membakar tumpukan kayu, kasur dan barang-barang lain yang mudah terbakar. Api tidak hanya membakar bangunan rumah dan isinya, namun juga tumpukan kayu jati untuk meubel. Bahkan sejumlah barang-barang pusaka seperti keris yang disimpan di dalam almari juga ikut terbakar.

Dari hasil penyelidikan, kemungkinan api berasal dari hubungan arus pendek. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulonprogo, Ariadi mengatakan, sejak Januari 2018 sudah ada 60 kasus kebakaran yang ditangani. “Rinciannya kebakaran bangunan 33 unit, kebakaran lahan 25 unit, kendaraan dua unit,” ucapnya.

Sumber: inews.id
Sudah dilihat 19 kali

Komentar