Road Show Kwarda NTB Pada LATGAB Kwaran Batukliang

8 February 2020, 17:19 WIB
5 1 265
Gambar untuk Road Show Kwarda NTB Pada LATGAB Kwaran Batukliang
Barabali (08-02-2020)
Road Show Pengurus baru Kwarda NTB kali ini dilaksanakan pada Acara Latihan Gabungan gerakan Pramuka Kwaran Batukliang yang diselenggarskan di MTs. Sabilurrasyad NW Barabali (Sabtu, 8 Februari 2020). Road Show bertujuan untuk memperkenalkan pengurus baru kepada semua Kwarcab yang ada di NTB dan juga untuk membangun sinergitas antara Kwarda dan Kwarcab didalam membangun dan mengembangkan gerakan Pramuka yang ada di provinsi NTB. Bagi tuan rumah sendiru, latihan ini bertujan untuk menggerakkan kembali pangkalan - pangkalan gerakan Pramuka yang ada di Kec. Batukliang, dimana beberapa waktu terakhir ini kurang aktif. Harapan kutua kwaran dengan dilaksanakan latihan gabungan ini pangkalan - pangkalan Pramuka yang ada di kec. Batukliang bisa saling menginspirasi dan saling memotivasi sehingga kegiatan Pramuka di Kec. Batukliang tidak akan pernah ada matinya.

Acara berlangsung meriah, dimana acara dibuka dengan sebuah tarian kontemporer yaitu kolaborasi tari tradisional Sasak dan Sumbawa. Adapun yang hadir pada kegiatan latihan gabungan antara lain Ketua Kwarda NTB Bpk Drs. H. Fathur Gani, M.Si bersama pengurus, Kwartir Cabang Lombok Tengah, Ketua Kwaran Kec. Batukliang bersama pengurus, Para Kamabigus se-Kecamatan Batukliang, dan pembina serta kakak-kakak pelatih dari setiap pangkalan.

Ketua Kwartir Cabang Lombok Tengah H. Sumum, S Pd., SH., M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau mengharapkan sinergitas antara Kwarcab dan Kwarda untuk memperkuat komitmen dan pergerakan bersama bagaimana anak-anak anggota Pramuka ini menjadi generasi yang tangguh dalam menghadapi era globalisasi yang begitu pesat, begitu cepat dan dalam era melinial yang kita rasakan bersama. Selanjutnya beliau melaporkan kepada Bapak Ketua Kwarda bahwà gerakan pramuka di Lombok Tengah sedang berbenah agar gerakan Pramuka tidak hanya di satu spot tetapi di semua wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Ada beberapa strategi yang telah dilakukan Ketua kwarcab Lombok Tengah terkait dengan pengembangan Pramuka di Lombok Tengah. Salah satunya adalah di setiap sekolah harus memiliki dua orang pembina yang sudah mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD). Sebagai realisasi dari strategi tersebut adalah ada sekitar 1500 guru di Lombok Tengah yang telah mengikuti KMD. Keberadaan dari kakak-kakak pembina yang telah mengikuti KMD diharapkan untuk membuat forum untuk terus menyuasakan tidak hanya sebatas kuantitas namun kualitas. Hal ini telah dibuktikan oleh rekan-rekan yang ada di Kwartir ranting Kecamatan Batukliang mengadakan Latihan Gabungan ini disamping dalam rangka membangun silaturrahim antar pembina dan pelatih dan juga sekaligus untuk menyambut Ketua Kwarda NTB bersama jajaran pengurus.

Pada bagian akhir sambutan Bapak Ketua Kwarcab Lombok Tengah, beliau ingin mengetahui komitmen bersama sekaligus memohon kepada Bapak Ketua Kwarda NTB untuk memberikan arahan, sambutan, wejangan dan arahan kepada pengurus Kwarcab Lombok Tengah, Kwartir Ranting, pembina, pelatih maupun kepada adik-adik anggota Pramuka yang ada di Pangkalan. Beliau juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Kwaran Kec. Batukliang bersama jajarannya atas pelaksanaan Latihan Gabungan ini.

Pada kesempatan berikutnya Ketua Kwarda NTB Bpk Drs. H. Fathur Gani, M.Si membuka sambutanya dengan menceritakan pengalaman beliau selama bergelut di Ke-Pramukaan mulai menjadi anggota siaga, penggalang, Penegak dan Pendega. Hal ini ditujukan sebagai motivasi bagi adik-adik Pramuka yang ada di Kecamatan Batukliang. Selanjutnya beliau memperkenalkan jajaran pengurus Kwarda NTB diantaranya: Kak Sane sebagai Sekretaris, Kak Khaery Haridianto sebagai Waka Abdi Masyarakat dan penangulangan Bencana, Kak Firman sebagai Waka Bina Muda, selanjutnya Kak Rahmat Wakil Sekretaris, Kak Ardy sebagsi bendahara, yang paling terakhir diperkenslkan adalah Kak Mega. Beliau dipercayakan sebagai wakil Ketua DKD.

Setelah memperkenalkan jajarannya, beliau menyampaikan 2 hal. Yang pertama berkaitan dengan Jambore Nasional (Jamnas) mendatang yang akan diselenggarakan di Cibubur pada tahun 2021. Selanjutnya beliau meminta komitmen bersama kepada adik-adik untuk menjadi Pramuka sejati, jadilah anggota Pramuka yang setia setiap saat. Jadi beliau berharap untuk terus meniti jenjang tidak hanya dari siaga sampai penggalang dan setelah itu menanggalkan Pramuka, namun beliau sangat berharap agar terus aktif menjadi bagian dari pramuka dari siaga, ke penggalang, dari penggalang ke Pendega dan dari pendega ke pembina dan pelatih.

Beliau berpesan bahwa Pramuka hadir untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas bukan menjadi beban masyarakat. Intinya bahwa Gerakan Pramuka harus betul-betul didasari oleh rasa ikhlas dan betul-betul memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat minimal di lingkungan keluarga terlebih di lingkungan masyarakat sekitar. Jadi kesimpulannya adalah tetaplah berlatih dan juga jadilah contoh bagi generasi Pramuka yang ada di cabang-cabang di seluruh Provinsi Nusa Tenggara Barat dan telah terbukti bahwa Kwartir Cabang Lombok Tengah telah memberikan virus positif khususnya bagi generasi Pramuka yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Lombok Tengah memang luar biasa lebih-lebih Lombok Tengah sudah mejadi perhatian dunia dengan Mandalikanya. Oleh karena itu beliau juga berharap gerskan Pramuka selalu hadir memberikan nuansa baru, motivasi baru terhadap apa yang menjadi program pemerintsh daerah khususnya terkait dengan kebersihan sesuai dengan Zero Waste yang selalu dudengunhkan oleh Ibu Wagub NTB. Sehubungan dengan hal tersebut di atas pada ahir sambutan beliau, beliau berharap agar adik-adik Pramuka dapat memberikan contoh bagai mana menjaga kebersihan bagi orang-orang di sekelilingnya.

Setelah selesai acara sambutan-sambutan, kegiatan latihan gabungan diisi dengan hiburan berupa penampilan dari adik-adik Pramuka yang berasal dari semua pangkalan yang ada di Kec. Batukliang. Masing-masing pangkalan menampilkan gerak tari kontemporer yang sangat memukau yang hadir acara kegiatan latihan gabungan ini.(Zul)

  1 Komentar untuk Road Show Kwarda NTB Pada LATGAB Kwaran Batukliang

Tulis komentarmu...

narma

maju terus Lombok tengah, khususnya Batukliang berkat kerjasama seluruh pejuang pendidikan.💪💪

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  2. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  3. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020