Ribuan Pengunjung Datangi Lebak Selatan

63472 medium humaniora
Pengunjung destinasi wisata di Lebak bagian selatan (Baksel) secara keseluruhan mencapai ratusan ribu, hal ini terpantau dari data tiket yang didapat dari keseluruhan dua tempat wisata favorit di Baksel, yakni Pantai Bagedur sekitar 50.500 dan Pantai Sawarna sekitar 80.000 pengunjung, total dari diprediksi dari keduanya mencapai 130.500 orang pengunjung.

Data itu belum termasuk dari tempat wisata seperti Pantai Binuangeun, Pulomanuk, Pasput Cihara, Karang Nawing yangbjuga di serbu ribuan pengunjung. Pengelola wisata pantai Sawarna Najib Nawawi mengaku, jumlah wisatawan pengunjung Pantai Sawarna hanya dikisaran 80 ribu orang sesuai tiket yang terjual. "Kisaran pengunjung wisatawan mencapai 80 ribu orang, dan sampai saat ini masih ada yang berdatangan, walaupun tidak seramai kemarin," singkatnya.

Sementara dari Malingping dilaporkan, tempat wisata yang menjadi bidikan pengunjung yang dominan adalah pantai Bagedur. Mumu Mahmudi, pengelola Pantai Bagedur menutur prediksi jumlah pengunjung wisatawan di Pantai Bagedur mencapai puluhan ribu di lihat dari data tuket yang terjual.

"Jumlah wisatawan pada hari H 650/orang, H+1 12.850 orang, H+2 10.000 orang, H+3 17.000 orang dan terakhir H+4 10.000 orang, jadi total keseluruhan pengunjung liburan lebaran tahun ini mencapai jumlah 50.500 orang. Adapun harga tiket masuk per orang lnya Rp 5000 dan parkir kendaraan roda 4 Rp 10 ribu per unit," terangnya.

Dikatakan, pendapatan tersebut sebagian di setor ke kas PAD Lebak secara rutin." Ini tiketnya resmi, karena ada pemasukan buat PAD setiap tahun," ujarnya.

Adapun untuk Laka laut atau korban jiwa pada liburan lebaran tahun ini, Mumu mengatakan tidak ada. "Alhamdulillah untuk tahun ini, nihil tidak ada korban jiwa, dan kita juga sampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder," ujarnya.

Di tempat terpisah, Pokdarwis Danau Talanca, Yeni Mulyani menyampaikan meskipun terbilang belum lama dikembangkan, Danau Talanca pun pengunjungnya cukup signifikan.
"Dari H+1 sampai H+5, kisaran pengunjung mencapai 7000 orang, mereka datang dari luar daerah dan lokal," tukasnya.

Dari tempat wisata pemandian air panas alami di Desa Senanghati Kecamatan Malingping dilaporkan, pengunjung wisata di kawasan tersebut juga ikut meningkat pesat di hari libur Lebaran.

"Cipanas Citando meningkat jumlah pengunjungnya, ada sekitar 15.000 pengunjung baik dari lokal maupun luar daerah, kita pun masih terus tingkatkan fasilitasnya," papar Endang, Kepala Desa setempat.
Sudah dilihat 25 kali

Komentar