Revolusi Industri 4.0 : Siapkah Kamu?!

18 June 2019, 13:44 WIB
2 0 151
Gambar untuk Revolusi Industri 4.0 : Siapkah Kamu?!
Kita tidak bisa memungkiri zaman terus berkembang dengan pesat. Revolusi industri yang dimulai dari penemuan mesin uap, kemudian penerapan tenaga listrik untuk produksi massal, lalu masuk ke masa teknologi digital dan kini revolusi industri 4.0. Yakni pemanfaatan internet dalam mempemudah akses informasi dan komunikasi. Unicorn Indonesia seperti Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, dan Grab merupakan produk-produk inovatif anak bangsa dalam memanfaatkan Revolusi Industri 4.0.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan dengan pemanfaatan internet membuat orang-orang beralih pada hal-hal yang praktis. Contohnya, transaksi online. Orang-orang tidak perlu lagi mengantri dan menghabiskan waktunya untuk menunggu membeli tiket pesawat, kereta api ataupun transportasi lainnya. Karena sudah ada aplikasi online yang dapat diakses dengan mudah untuk memesan tiket dengan pilihan beragam transportasi ke berbagai daerah. Untuk memesan barang ataupun makanan tak perlu repot-repot lagi pergi keluar, cukup membuka gadget dan membuka marketplace, lalu kita bebas memilih barang apapun yang diinginkan. Kita bisa memperoleh kabar terbaru dan paling update cukup dengan membuka portal-portal media di internet.

Pemerintah sendiri sudah mempersiapkan diri agar Indonesia bisa memanfaatkan peluang dalam Revolusi Industri 4.0 ini. Terlebih visi Indonesia tuk bisa masuk dalam 10 negara yang memiliki ekonomi terbesar di dunia tahun 2030. Strategi Indonesia yakni dengan menyiapkan lima sektor yang akan menjadi potensi fundamental industri tanah air yakni industri makanan dan minuman, industri otomotif, industri elektronik, industri kimia dan industri tekstil.

Berbagai kemudahan dari Revolusi Industri 4.0 tentu tak lepas dari dampak positif juga negatifnya. Jika melihat dari berbagai transaksi yang serba online, hal ini tentu akan mengurangi jumlah tenaga kerja. Khususnya yang berkaitan dengan administrasi, karena sudah ada sistem yang menggantikannya. Sedangkan jika dilihat dari sisi positif, Revolusi Industri 4.0 bisa menjadi peluang untuk mereka yang mampu memanfaatkannya. Dengan kreativitas dan inovasinya. Karena pada masa ini, beragam pekerjaan baru mulai bermunculan. Mulai dari vloggers, jasa bimbel online, dan berbagai marketplace yang tumbuh subur di Indonesia. Rumah bisa disulap menjadi kantor, hanya cukup dengan gedjet atau laptop dan akses internet, seseorang bisa meraup pundi-pundi rupiah.

Lantas bagaimana denganmu? Sudah bukan waktunya lagi bertanya kesiapanmu, karena kita sudah memasuki masa Revolusi Industri 4.0. Jika tak dimanfaatkan akan rugi, jika tak berinovasi akan tergilas.

Penulis : @sucifitrahsyari

  Komentar untuk Revolusi Industri 4.0 : Siapkah Kamu?!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru

Berita Warga
3 jam

Loker driver

Jainudiaja  di  Senen, Jakarta Pusat
Berita Warga
6 jam

Mengenal Novel Coronavirus

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Tanjung Priok, Jakarta Utara

Terpopuler

  1. Dugaan Pencemaran Nama Baik, Hendly Tempuh Jalur Hukum

    Sandy Makal  di  Palu Kota  |  15 Jan 2020
  2. Rahmat Effendi Terjun Langsung Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

    Indra Gunawan  di  Jatiasih, Bekasi Kota  |  12 Jan 2020
  3. BANYUWANGI SIAGA BENCANA

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  10 Jan 2020
  4. MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 9
    Komentar

    PENGENDANG BANYUWANGI (FATWA AMIRULLAH)

    fatwa amirullah kendang  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020
  2. 8
    Komentar

    MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  3. 5
    Komentar

    SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. 5
    Komentar

    BPBD BANYUWANGI SIAGA BENCANA(diklat pmi)

    Hendika Londho  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020