RELAWAN ITU MELAYANI BUKAN SEKEDAR MEMBANTU

8 April 2019, 18:34 WIB
14 8 406
Gambar untuk RELAWAN ITU MELAYANI BUKAN SEKEDAR MEMBANTU
Di Gagas Oleh Lohas Experience, suatu komunitas di Kampoeng Kasih Ciapus Bogor yang di komandoi oleh Bapak Thu Conghua atau biasa disapa dengan panggilan Pak Tono, mengumpulkan berbagai perkumpulan Relawan seperti Relawan Sahabat Merah Putih, Relawan Kampoeng Kasih, Relawan PRIMAS, Relawan Be Adv, Relawan SIGAP, Relawan SIAGA, Relawan PRENS dan Relawan Yoga Gembira yang meliputi Jakarata, Bogor, Jogja, Surabaya, Lampung, Bandung, Banten, dan Tanggerang

Kegiatan dimaksudkan untuk menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana yang akan jatuh pada 26 April 2019. Para Relawan menempa dirinya dalam kegiatan selama satu hari satu malam dengan berbagai Pengetahuan tambahan tentang dunia kerelawanan,yang di paparkan Cak Faisol seorang relawan untuk Merapi, mengikuti sesi teknik Trauma Healing dengan Yoga yang di latih langsung oleh seorang Master Yoga yang cukup ternama untuk dunia Yoga Yudhi Widyantoro, Melatih Kegawat Daruratan oleh seorang relawan yang kebetulan berprofesi sebagai perawat yaitu mba Endah, Juga melatih teknik pertolongan CPR untuk korban serangan jantung yang di latih langsung oleh Mas Ivan dari SIAGA.

Didalam kegiatan para relawan juga diajak untuk membuka wawasan yang bersifat mental spiritual agar dunia kerelawanan dapat mendarah daging dan meluas kepada setiap orang, dengan mengembangkan pemahaman tentang apa yang dilakukannya. Peserta diajak merenungkan perbedaan makna 'membantu' dan 'melayani'.

Istilah 'membantu' bagi relawan bermakna cukup sempit, menuntut, dan tidak mengisyaratkan kesetaraan dengan korban bencana atau penyintas. Selain cenderung akan menimbulkan sensasi narsis dan bangga diri, istilah 'membantu' pun dapat membuat posisi korban atau penyintas menjadi direndahkan.

Sementara 'melayani' dengan sendirinya menempatkan seorang relawan berada dalam kesetaraan rasa, kesetaraan kemampuan, kesetaraan nasib. 'Melayani' menghindarkan sejauh mungkin dari relawaan rasa berjasa, rasa membantu, rasa lebih, yang disana akan menimbulkan hambatan-hambatan psikologis dalam hubungan yang terjadi antara relawan dan korban atau penyintas. 'Melayani' menempatkan hati dan cinta didalam hubungan.

  8 Komentar untuk RELAWAN ITU MELAYANI BUKAN SEKEDAR MEMBANTU

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Latrining Lestari

'Melayani' menghindarkan sejauh mungkin dari relawaan rasa berjasa, rasa membantu, rasa lebih, yang disana akan menimbulkan hambatan-hambatan psikologis dalam hubungan yang terjadi antara relawan dan korban atau penyintas.

Suka sekali dengan quote ini. Relawan tanpa pamrih melayani. Semoga dapat menginspirasi yang lain untuk melakukan hal yang sama.

Agung Betawi

Merespon kawan JohanPalla: Betul sekali semakin banyaknya bencana yang terjadi di indonesia maka semakin sering ditemukan malpraktek pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat rentan. Saya kira ini terjadi akibat merosotnya perilaku karakter pekerja kemanusiaan. Makanya penting sekali melihat kembali pada tujuan awal mengapa menjadi relawan?

Tabik

JohanPalla

Catatan Yang menarik bahwa Relawan tidak hanya sekedar membantu, tetapi lebih kepada pelayanan.

Bagaimana kalau orang yang ber label relawan tapi mengharap imbalan?