Relawan Hamba Kebaikan

41700 medium post 48820 07e6740d 6d7f 421d bea4 7667f7e055d0 2018 12 05t18 27 45.494 07 00 41701 medium post 48820 4c1f71a2 d46b 49dc b778 912155a63112 2018 12 05t18 27 46.411 07 00
Jika mendengar kata relawan, hal pertama yang terlintas dalam benak sebagian besar kita mungkin adalah orang-orang yang membantu saat terjadinya bencana, seperti evakuasi korban ataupun membantu kebutuhan dasar mereka saat bencana terjadi, tapi apakah relawan hanya hadir sebatas momen bencana saja ? Jikapun definisinya lebih luas dari itu, penjelasan apa yang sebenarnya bisa digunakan untuk mengurai tuntas makna dari relawan ?
Sebagaimana kita tahu bahwa relawan pada saat ini telah banyak muncul di tengah-tengah masyarakat melalui kelompok-kelompok sosial. Hal itu ada karena kebutuhan tak terduga atas sebuah peristiwa yang tidak pernah terbayang sebelumnya. Tidak serta merta sebuah bencana lalu relawan itu tercipta. Harus apa dan bagaimana menyikapi sebuah peristiwa tidak lepas dari peran serta keikhlasan setiap individu yang tak lain bisa dikatakan relawan.
Spirit itulah yang menjadi awal adanya relawan. Penulis pernah bertanya ke beberapa teman tentang pengertian relawan menurut mereka, beberapa dari mereka mengatakan “oh, yang bantu di bencana alam itu ya ?, yang biasanya bantu di kegiatan penting dsb, itu relawan”. Lalu, ada juga teman yang mengatakan “Aku bukan relawan, dapat apa jadi relawan ? '' Buang-buang energi saja.'' Sungguh menyakitkan bila kata-kata itu keluar ucapan dari saudara kita yang sebenarnya tidak mengerti arti kemanusiaan. Apalagi sampai dirasa dalam hati. Jiwa relawan identik dengan sukarelawan yang artinya adalah orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena diwajibkan atau dipaksakan, apalagi mengharap upah).
Akan tetapi, sesederhanakah itu pengertian relawan ? Sehingga ketika ada seseorang mengatakan " dapat apa " seakan sama sekali tidak memahami bahwa sukarelawan memang tak pernah dapat apa-apa. Sehingga semua haruskah dihitung dengan keuntungan rupiah ?
Menjawab hal tersebut maka para relawan desa kebonharjo yang tergabung dalam FPRB setidaknya sedikit mampu menjawab atas sebuah rumor negatif tersebut terhadap fungsi keberadaan relawan. Bukan soal hasil materi ketika sudah menjadi relawan. Namun peran dan fungsi sosial di masyarakat yang bisa mereka tunjukkan. Bahwa apa yang sebenarnya mereka lakukan tulus ikhlas membantu dalam situasi apapun. Ini dimaknai sebagai realisasi dari sebuah sukarelawan kemanusiaan sejati. Bagaimana tidak. Di satu sisi mereka di cibir karena eksistensinya yang dipandang sebelah mata dan tidak menghasilkan. Namun di satu sisi jika di perhatikan keberadaan maupun keikhlasan mereka sangat dibutuhkan pada saat tertentu. Mereka telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran bahkan waktu paling berharga buat keluargannya pun telah diberikan hanya untuk menolong.
Semoga dari apa yang mereka lakukan untuk membantu dalam situasi apapun. Selagi itu sifatnya membantu untuk kepentingan bersama, maka marilah kita memberikan semangat kepada mereka. Karena apa yang mereka lakukan sejatinya adalah satu upaya menegakkan nilai kemanusiaan tanpa pamrih. Tanpa tanda jasa apa-apa. Sebagai sesama ciptaan Sang Khalik tanpa melihat spirit religi apa yang mereka pakai untuk menolong. #for humanity for live
Sudah dilihat 38 kali

Komentar