Relawan Baja Sukamekar Bentuk Relawan Kesehatan

21175 medium relawan baja sukamekar
Sukamekar - Sabtu 3 Februari 2018 sebagian warga Desa Sukamekar Kecamatan Sukawangi Bekasi yang menamakan dirinya Relawan Baja (Bang Jayadih) sepakat membentuk tim pendampingan kesehatan swadaya sebagai aksi kepedulian kepada sesama warga. Aksi ini merupakan jawaban atas permasalahan yang kerap menimpa warga yang kurang mampu dalam upayanya memperoleh hak atas kesehatan dan mendapat pelayanan kesehatan.

Dalam diskusi yang dilaksanakan di Rumah Pohon Sukamekar, Yadi Kamal (40) menyatakan bahwa tidak semua warga paham bagaimana prosedur rumah sakit, padahal pemerintah sudah memberikan banyak fasilitas pelayanan kesehatan.
"Gak semua orang paham bagaimana dan perlu dokumen apa saja saat ada keluarganya yang sakit dan butuh perawatan di fasilitas kesehatan, karenanya Relawan Baja harus tanggap dan menjembatani antara kepentingan warga dan aturan-aturan yang berlaku" ujarnya.

"Masih banyak saudara-saudara kita yang secara ekonomi tidak mampu tapi belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun BPJS, jangan sampai begitu karena ada yang sakit baru diurus, ini akan merepotkan keluarga si pasien nantinya" sambut Ust Sain (45).

Atas dasar usulan dari hadirin diskusi malam tersebut maka forum sepakat akan segera membentuk tim khusus yang akan mengurus dokumen-dokumen kesehatan BPJS/KIS secara kolektif dan tim pendamping yang akan menemani pihak keluarga yang membutuhkan pelayanan kesehatan hingga ke rumah sakit.

Jayadih selaku bakal calon kepala desa menyambut dan mendukung rencana pembentukan tim relawan kesehatan ini.
"Ini usulan dari warga, dilakukan dan dibiayai oleh warga sendiri, ini bentuk kemandirian yang sedang kami bangun agar warga Desa Sukamekar ini dapat lebih terjamin kesehatannya dan memiliki kemandirian kolektif dalam menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat" ucap Jayadih saat di temui di rumah pemenangannya di Kampung Pangkalan Sukamekar.

Komentar