Refreshing Ala Kader Posyandu Lansia Kecamatan Pandak

38390 medium post 46161 30df9df1 1931 43e6 b5b5 5198f9f80d1a 2018 11 09t19 53 37.694 07 00
Hari Jumat 9 November 2018, dimulai pukul 08.00 sampai dengan selesai para kader posyandu lansia se kecamatan Pandak menghadiri undangan acara refreshing kader posyandu lansia di Panti Pandak 1 Gesikan Bantul.
Refreshing disini , para kader berkumpul dipandu oleh petugas kesehatan ibu Mudjiasih selaku programmer posyandu lansia kecamatan Pandak.
Pertemuan kali ini para kader menyepakati beberapa hal diantaranya :
1. Mulai bulan depan undangan untuk para lansia di daerah kerja masing-masing dibuat jam 10.30 wib. Ini untuk menindaklanjuti kedatangan Puskesmas keliling yang sering terlalu siang datangnya.
2. Menggunakan tensimeter digital dalam pelayanan posyandu lansia , sesuai standar nasional , dan dikarenakan tensimeter raksa jika terjadi pecah atau air raksa keluar mengenai petugas tensi atau yang ditensi sangat berbahaya, bisa melukai dan mengakibatkan kerusakan yang fatal.
3. Minimal 1(satu) kali dalam setahun di bulan Desember atau Januari masing-masing kelompok lansia mengundang seluruh lansia di wilayah kerjanya. Yaitu seluruh warga yang berusia 60 tahun keatas. Untuk usia 45 th- 59th atau pra lansia bisa sesuai kesadaran.
4. Masing-masing kelompok lansia akan mengadakan kegiatan tiap bulan. Minimal penimbangan, pengukuran tinggi badan dan tensi. Walau puskesmas keliling tidak hadir di dusun.
5. Mengadakan senam lansia minimal 1 bulan sekali.
6 . Selalu menggunakan Kartu Pemeriksaan Kesehatan Posyandu Lansia supaya rekam medis atau status para lansia tercatat secara runtut.
7. Bersama - sama mengusulkan dana PMT untuk posyandu lansia melalui MusrenbangDus . Membuat anggaran kebutuhan dana dengan terperinci,untuk kebutuhan 1th.
8. Tiap-tiap meja dalam kegiatan lansia ditulis dalam buku kegiatan dan petugas di masing-masing meja tersebut harus bergantian tiap bulannya. Supaya semua kader bisa jika ditugaskan di meja manapun.
9. Tanggal 16 November 2018 dalam rangka hari Kesehatan Nasional akan diadakan lomba buah hias di dinas kesehatan Bantul , kegiatan tersebut akan diikuti oleh kader Ririn krekah, Sulis Gilangharjo, Eni Banjarwaru , Harti Nggunting, Endah Karangasem.
10. Menyediakan minuman di kegiatan lansia / senam mobile selain teh. Karena teh mengandung Tanin. Kurang baik untuk kesehatan. Lebih baik air putih, jus atau sari buah, wedhang2an yang berkhasiat dll.
11. Dibolehkan menarik iuran pada lansia di masing-masing dusun. Minimal menyediakan kotak untuk dana sukarela. Hal tersebut tidak akan memberatkan para lansia , karena para lansia mendapat dana dari PKH.
12. Mengingatkan , besok pagi 10 November 2018 ada senam mobile di dusun Kadisoro.
Kegiatan refreshing ini sangat bermanfaat untuk para kader, selain untuk menjalin silaturahmi juga untuk saling berbagi pengalaman dan menambah wawasan . Sehingga bisa diharapkan kader lansia di Kecamatan Pandak semakin terampil dalam melayani para lansia di dusun masing-masing.
Sudah dilihat 53 kali

Komentar