Rapat Tim SID Bulan Januari: Ayo Majukan Website Desa!

22 January 2020, 12:28 WIB
4 1 134
Gambar untuk Rapat Tim SID Bulan Januari: Ayo Majukan Website Desa!
Gilangharjo- Selasa (21/1), Tim SID (Sistem Informasi Desa) kembali melangsungkan rapat rutin untuk bulan Januari. Menginjak awal tahun 2020, rapat ini gencar membahas rancangan program kerja atau kegiatan tim SID yang akan dilaksanakan pada tahun 2020. Apa saja rancangan kegiatan itu? Beberapa di antaranya adalah promosi aplikasi layanan e-Gilang, mengadakan lomba menulis dan video pendek, dan meningkatkan jumlah tulisan dan viewers website. Baik redaktur maupun reporter yang masing-masing berjumlah 3 orang, harus saling bersinergi dalam mewujudkan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Turut hadir dalam rapat ini, orang nomor satu di Gilangharjo yaitu lurah desa Drs. Pardiyono serta pimpinan SID Gilangharjo Supriyanto, S.E. Keduanya memberikan masukan serta dukungan agar tim SID lebih semangat dalam bekerja, utamanya dalam meliput kegiatan warga dan menggali potensi-potensi yang ada di Gilangharjo untuk dipublish di website desa. Potensi-potensi itu dapat berupa kekayaan kesenian dan budaya, produk hukum, ekonomi kreatif, warisan leluhur, pelaku budaya dan seniman, dan situs-situs historikal yang ada di tiap pedukuhan di Gilangharjo. Drs. Pardiyono menyarankan, sebelum wartawan desa (tim SID) menulis berita atau artikel, hendaknya mencari referensi terlebih dahulu agar berita lebih layak diunggah, tajam, dan berbobot.

Satu hal yang paling menarik dalam pembahasan adalah bagaimana menjadikan website desa lebih familiar di kalangan warga Gilangharjo, terutama warga yang telah memiliki akses internet di gawainya (smartphone). Sejauh ini belum banyak warga yang mengetahui adanya website desa. Padahal website desa diharapkan dapat menjadi pusat informasi dan referensi yang penting bagi warga, sehingga warga terbiasa mengunjungi website setiap hari. Sehubungan dengan itu, ada beberapa gagasan strategi persuasif yang dikemukakan, seperti: 1) pada saat meliput berita warga, wartawan desa mengatakan bahwa kegiatan warga akan dipublikasikan ke website, sehingga akan dibaca oleh banyak orang di dunia maya, 2) warga harus tahu bahwa namanya, fotonya, kegiatannya, bahkan produknya diunggah di website desa untuk dikenalkan ke publik, 3) membagikan dan meneruskan (share & forward) berita yang sudah diunggah di website ke media sosial, utamanya ke grup WhatsApp kelompok yang mengadakan kegiatan atau tokoh yang bersangkutan, 4) menulis artikel-artikel menarik yang disukai warga, 5) mengajak warga membuat shortcut (jalan pintas) website desa ke layar depan gawai agar lebih mudah dikunjungi tanpa mengetik nama domain website.

Kini, rancangan tersebut menjadi PR tim SID untuk diwujudkan bersama-sama ke depannya. Semoga awal tahun baru ini memupuk semangat baru tim SID agar dapat bekerja lebih maksimal dengan membawa nama baik Gilangharjo melalui tulisan. [rh]

  1 Komentar untuk Rapat Tim SID Bulan Januari: Ayo Majukan Website Desa!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. SELAMAT KEPADA BUPATI LOMBOK UTARA

    @ichaq_rasyid  di  Praya, Lombok Tengah  |  12 Feb 2020
  2. Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  3. Atraksi Teaterikal Peserta Karnaval Putri Mandalika 2020

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  14 Feb 2020
  4. KABID ILMATE PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB KUNJUNGI PENGRAJIN ALAT PERTANIAN DI DUSUN BEREMBENG

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    Bakesbangpoldagri: Banyak Wilayah di NTB Terpapar Narkoba

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  13 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    Kegiatan Aisyiyah Kec. Mergangsan meriah

    Rita Jatmikowati  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  14 Feb 2020
  4. 4
    Komentar

    Dari IMPOSIBLE Menjadi I 'M POSSIBLE

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  17 Feb 2020