Rapat Berkala Pertama Dibulan Pertama Tahun 2020

15 January 2020, 10:37 WIB
3 5 303
Gambar untuk Rapat Berkala Pertama Dibulan Pertama Tahun 2020
Tampak Siring - Rapat berkala pertama ditahun 2020 diselenggarakan di SDN Tampak Siring pada hari Rabu, 15 Januari 2020. Seperti biasa rapat berkala yang dilaksakan setiap bulan dihadiri oleh Kepala UPTD pelayanan PAUD dan Dikdas, pengawas pembina dan Bapak/Ibu kepala sekolah SD se-kecamatan Batukliang.

Acara rapat diawali dengan menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya dan diikuti mengheningkan cipta yang langsung dipimpin oleh Pak Kepala UPTD. Suasana rapat terasa lebih khidmad, hal ini mungkin karena di tahun baru ini peserta rapat memiliki semangat baru lebih-lebih di semester ini yang hadir banyak kepala sekolah baru yang dilantik per tanggal 31 Desember 2019. Sekolah sekolah yang ditempati kepala sekolah baru seperti SDN Paok Kuning, SDN Bajur, SDN Lendang Dode, SDN Kembang Kerang, SDN Beneng dan SDN 3 Mantang.

Semoga dengan masuknya kepala sekolah baru ditahun baru ini akan menjadi semangat baru untuk memacu kinerja kepala sekolah dan para guru yang dipimpin sehingga kualitas pendidikan di kecamatan Batukliang pada khususnya dan di kabupaten Lombok Tengah pada umumnya semakin meningkat. Demikian motivasi yang disampaikan oleh Bapak UPTD kepada peserta rapat. Beliau juga menambahkan bahwa kepala sekolah harus terus membangun kerja sama dengan semua stake holder yang ada di sekolah masing-masing khususnya kepada bapak-ibu guru. Kepala sekolah harus mampu memotivasi guru-gurunya untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi masing-masing khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pada acara berikutnya adalah sambutan dari bapak pengawas. Beliau menyampaikan berbagai informasi terkait dengan pendidikan, motivasi dan pembinaan kepada Bapak Ibu Kepala sekolah. Diantaranya untuk menghadapi semester genap ini terutama UN setiap sekolah menyiapkan program-program baik program kepala sekolah maupun program guru terutama pembuatan prota, promes dan RPP agar para guru langsung aktif mengajar, lebih-lebih anak-anak kelas VI hari efektif belajar mereka tinggal 1 bulan.

Disamping itu, disiplin kerja harus terus ditingkatkan. Hal ini selalu disampaikan baik oleh Bapak Sekda, Bapak Ketua BPKP maupun oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah demikian yang disampaikan oleh Bapak Pengawas. Beliau juga menambahkan bahwa bapak/ibu Kepala sekolah harus memperhatikan bapak ibu guru khususnya terkait dengan kenaikan pangkat dan berkala, kepala sekolah harus pro aktif untuk mengusulkan. Sebab dengan demikian bapak ibu guru akan lebih termotivasi untuk melaksanakan tugas secara optimal.

Pada bagian akhir rapat berkala sebagian besar peserta rapat menyampaikan keluhan terkait dengan 5 hari kerja. Hal ini menurut hasil evaluasi para kepala sekolah bahwa 5 hari kerja menimbulkan banyak persoalan baru antara lain pembelajaran yang tidak efektif pada tambahan waktu belajar disiang hari, karena kapasitas kerja guru dan belajar siswa memiliki keterbatasan sehingga motivasi belajar dan mengajar menurun.

Selanjutnya kegiatan kegiatan ektrakurikuler menjadi terganngu artinya kalau pulang sekolah jam 14.00 maka rata - rata anak tiba di rumah masing-masing jam 15.00, belum lagi ganti pakaian kemudian kembali ke sekolah untuk kegiatan ekstrakurikuler, maka waktu latihan akan sangat terbatas, belum lagi ditinjau dari pertimbangan kapasitas fisik dan psikis anak sangat melelahkan. Selanjutnya ketersediaan fasilitas ibadah dan air disetiap sekolah tidak semua memiliki fasilitas yang memadai.

Ditinjau dari kultur budaya sasak, anak-anak di kampung khususnya anak-anak kelas 5 dan 6. Sepulang sekolah mereka membantu orang tuanya kerja di rumah seperti jualan, mengembala hewan ternak dan lain-lain. Dan masih banyak persoalan-persoalan lain yang menghambat program 5 hari kerja atau 5 hari sekolah.

Mencermati persoalaan tersebut di atas maka, salah seorang pengawas sangat mendukung untuk mengembalikan hari kerja atau hari sekolah ke 6 hari sekolah. Beliu memberikan masukan atau saran kepada para kepala sekolah untuk membuat dan menandatangani sejenis surat pernyataan bersama seluruh kepala sekolah yang ada di Lombok Tengah untuk disampaikan ke DPRD kabupaten Lombok Tengah sebagai dasar melakukan dengar pendapat/Hearing - (Zul)

  5 Komentar untuk Rapat Berkala Pertama Dibulan Pertama Tahun 2020

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Alhamdulillah Telah Hadir Radio Rodja 100.1 FM

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cileungsi, Bogor Kota  |  20 Feb 2020
  2. Sandang Peringkat 11 Wilayah Rawan Bencana, PMI Banyuwangi Susun Rapat Kerja Kemitraan

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  18 Feb 2020
  3. Menyatukan Langkah, FKDM se-Kota Yogyakarta Melakukan Rakordasi Perdana 2020

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  21 Feb 2020
  4. Meski tanpa aplikasi,SARIPAH bisa menulis

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Meski tanpa aplikasi,SARIPAH bisa menulis

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    THE COLOURFULL RAJUMAS

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    20 - 02 - 2020

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  4. 3
    Komentar

    Merdeka Mengajar Bukan Berarti Semau Gue.

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 Feb 2020