Ragam Modus Penipuan Di Indonesia

23283 medium ragam modus penipuan di indonesia
 
Modus Cinta dan Perjodohan

Berhati-hatilah dengan permintaan teman baru di medsos. Jangan mudah percaya dengan rayuan dan bualan dari orang yang baru Anda kenal, apalagi jika Anda belum pernah bertemu secara langsung dengan orang tersebut. Berhati-hatilah jika hal-hal berikut ada pada profilnya:

Profilnya kelihatan baru dibuat
Sebagian besar temannya lawan jenis
Banyaknya kesalahan tata bahasa dan ejaan

Lakukan pencarian gambar dengan mencari fotonya lewat Google atau TinEye. Ini untuk memastikan apakah foto profilnya asli atau merupakan hasil copas dari profil orang lain.
Jangan pernah mengirimkan uang atau informasi pribadi Anda kepada siapapun juga lewat medsos.
Berhati-hatilah membagikan foto atau video pribadi Anda, jangan sampai foto/video tersebut digunakan untuk memeras Anda.

Modus Jual/Beli Fiktif

Ini merupakan modus paling umum di Indonesia. Banyak penjual palsu mengiklankan foto yang dicomot dari situs jual-beli lain. Berhati-hatilah dengan barang yang harganya tidak masuk akal.
Periksa reputasi penjual dan pastikan Anda menggunakan situs jual-beli yang terpercaya.
Jika Anda membeli barang bekas atau second-hand, pastikan Anda pergi bersama teman saat akan melihat barangnya. Untuk melakukan transaksi pastikan Anda bertemu dengan penjual di tempat umum yang ramai. Seringkali ini merupakan modus perampokan dengan menjebak korban untuk bertemu di tempat yang sepi. Satu hal lagi yang penting adalah jangan membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak untuk menemui si penjual.

Modus Penipuan Lewat Telepon/SMS/Pesan di Medsos

“Selamat Anda mendapatkan undian berhadiah, kunjungi situs ini untuk info selanjutnya!” Tentu Anda sering mendapatkan pesan yang sama bukan?
Modus lainnya yang mirip adalah telepon musibah: anakmu diculik, ditangkap polisi, kecelakaan, dsb. Ujung-ujungnya ya si penelepon minta Anda ke ATM untuk transfer uang.

 

Punya info warga yang bermanfaat? Yuk posting di AtmaGo! #AtmaGo #InfoWarga #WargaBantuWarga #Evergreen

Komentar