Puslit Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI Lakukan Uji Coba Penanaman Alang-alang Program SATREPS

56540 medium aezdyfs5wj6bpqpb4qau file 2 babeh satreputama
Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya (P2KTKR) - LIPI mulai melakukan uji coba penanaman tumbuhan alang-alang dengan luas plot 1 x 1 m sebanyak 36 plot, di Ecology Park, Cibinong Science Center (CSC)-LIPI, pada Rabu (20/19).

Penanaman alang-alang ini dilakukan dalam waktu 12 – 18 bulan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat daya tumbuh dan mortalitasnya.

Kegiatan uji coba penanaman ini merupakan bagian dari program kerja sama yang dimulai pada tahun 2016 lalu antara P2KTKR-LIPI dengan Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development (SATREPS) yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang.

Kegiatan yang mengangkat tema “Producing Biomass Energy and Material Through Vegetation of Alang-Alang (Imperata cylindrical)” berfokus pada konversi lahan tidak produktif berupa lahan alang-alang yang secara nasional luasnya telah mencapai 10 juta hektar menjadi lahan produktif berupa lahan sorgum yang berguna sebagai penghasil utama biomasa untuk energi terbarukan dan biomaterial selain sebagai bahan pangan yang kaya akan zat karbohidrat.

Melalui kegiatan program SATREPS diharapkan kedepannya dapat membantu Indonesia dalam memenuhi kebutuhan energi terbarukan dan perkembangan penelitian bidang biologi dan biomaterial serta terjalinnya hubungan kerja sama penelitian antara peneliti Jepang khususnya Universitas Kyoto, Japan International Co-operation Agency (JICA), Japan Science and Technology Agency (JST) dengan peneliti LIPI dari Puslit Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Puslit Biologi dan Biomaterial LIPI. (Sancoyo/ KRB)
Sudah dilihat 30 kali

Komentar