Purnama dan Longsor Bawah Laut Akibatkan Tsunami di Banten

43700 medium post 50666 86e4212c 2740 4360 832d 50d869fe0ce1 2018 12 23t14 51 19.509 07 00
Assalamualaikum Atmaguys, kembali lagi negeri kita diuji dengan kejadian gelombang tinggi tsunami yang menghantam daratan pesisir Selat Sunda semalam. Setidaknya sampai siang tadi, dikabarkan 62 orang telah tewas dan 584 lainnya terluka setelah tsunami menghantam pantai di Selat Sunda Indonesia. Juga setidaknya 20 orang lainnya belum ditemukan.
Badan penanggulangan bencana mengatakan ratusan bangunan rusak akibat tsunami Sabtu. Termasuk didalamnya resort dan hotel, pemukiman warga, juga tempat tempat wisata di pesisir pantai.
Kerugian fisik termasuk 430 rumah rusak berat, sembilan hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat. Rekaman yang diposting oleh kepala badan bencana menunjukkan setelah jalan-jalan banjir dan mobil terbalik.
Pihak berwenang memperingatkan penduduk dan turis di daerah pantai sekitar Selat Sunda untuk menjauh dari pantai dan peringatan pasang naik tetap berlaku hingga 25 Desember.
Para ilmuwan dari badan Meteorologi dan Geofisika Indonesia mengatakan kejadian itu bisa disebabkan oleh tanah longsor di bawah laut dari letusan Anak Krakatau, sebuah pulau vulkanik yang terbentuk selama bertahun-tahun dari gunung berapi Krakatau terdekat. Mereka juga mengutip gelombang pasang yang disebabkan oleh bulan purnama. Pasalnya, warga mengaku tidak melihat dan merasakan tanda tanda tsunami seperti gempa bumi ataupun air surut sebelum gelombang tinggi menghantam daratan.
Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda yang menghubungkan Samudera Hindia dan Laut Jawa meletus sekitar 24 menit sebelum tsunami, kata badan geofisika.
Badan penanggulangan bencana memperingatkan bahwa korban tewas setelah tsunami, yang melanda sekitar pukul 21:30 waktu setempat (14: 30GMT) pada hari Sabtu kemungkinan akan semakin meningkat, mengingat belum semua wilayah telah di evakuasi.
Rekaman yang diposting di media sosial menunjukkan band pop bernama "Seventeen" tampil di bawah tenda di pantai ketika puluhan orang duduk mendengarkan di meja yang ditutupi kain putih. Ketika lampu sorot yang terang menyala di atas panggung, seorang anak terlihat berkeliaran di antara kerumunan. Kemudian, di sela-sela lagu-lagu dengan dentuman drum, panggung tiba-tiba bergerak maju, melempar band dan semua peralatan mereka ke penonton.
Band ini merilis pernyataan yang mengatakan pemain bass dan road manager mereka ditemukan tewas, sementara empat anggota lain dari kelompok mereka tetap hilang.
Fotografer gunung berapi Oystein Andersen memposting di Twitter bahwa ia berada di pantai untuk mengambil gambar gunung berapi Krakatau setelah ledakan sebelumnya pada malam hari ketika ia tiba-tiba melihat gelombang besar datang ke arahnya. Ada dua gelombang. Gelombang pertama tidak sekuat itu, ia bisa lari darinya. Oystein segera membangunkan keluarganya dan kembali mendengar gelombang besar datang. Ketika ia melihat keluar jendela, gelombang kedua sedang menghantam. Itu jauh lebih besar.
Alif, seorang penduduk di Kabupaten Pandeglang yang menggunakan satu nama, mengatakan tsunami mencapai ketinggian sekitar 3 meter (9,84 kaki). Dia mengatakan kepada stasiun MetroTV bahwa banyak orang masih mencari kerabat yang hilang.
Daerah terparah adalah wilayah Pandeglang Provinsi Banten di Jawa, yang meliputi Taman Nasional Ujung Kulon dan pantai yang populer, kata badan bencana. Dari kematian itu, 33 di Pandeglang.
Di kota Bandar Lampung di Sumatra selatan, ratusan warga mengungsi di kantor gubernur.
Saat ini warga dibantu dengan relawan juga instansi pemerintah terkait dan palang merah tengah melakukan evakuasi pencarian korban lainnya serta membereskan puing puing yang berserakan. Korban luka luka juga sedang mendapat perawatan medis di rumah sakit daerah terdekat. #Pray4Banten #WargaBantuWarga #BantuBantenBangkit
Sumber :
https://www.telegraph.co.uk/news/2018/12/22/indonesia-tsunami-least-20-dead-165-injured-waves-hit-beaches/
https://m.timesofindia.com/world/rest-of-world/death-toll-from-indonesia-tsunami-climbs-to-43-hundreds-injured/articleshow/67212907.cms
https://www.bbc.com/news/world-asia-46663158
https://i.stuff.co.nz/world/asia/109569097/at-least-20-dead-in-indonesian-tsunami
https://abcnews.go.com/International/wireStory/20-killed-165-wounded-tsunami-hits-indonesia-59977719
Sudah dilihat 136 kali

Komentar