Pungli di Anyer

7 May 2016, 14:40 WIB
28 1 186
Gambar untuk Pungli di Anyer
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
Pungutan liar atau pungli yang dilakukan sejumlah oknum terhadap wisatawan di kawasan Pantai Anyer, Banten, kembali dikeluhkan oleh konsumen. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) melalui laporan yang masuk dan temuan mereka sendiri saat bertandang ke sana, baru-baru ini.

"Kali ini, YLKI menemukan adanya pungli di Pantai Anyer, seperti di Pantai Matahari Carita. Di sana, ada seorang preman yang mengaku petugas resmi, dengan menunjukkan bukti tiket, mengenakan tarif parkir sebesar Rp 100.000 per mobil," kata Tulus kepada Kompas.com, Sabtu (7/5/2016).

Pungli serupa juga didapati pihak YLKI di kawasan Pantai Jambu. Petugas di sana mematok tarif parkir mobil sebesar Rp 50.000. Kemudian, di Pantai Karang Bolong, ada yang meminta uang masuk ke pantai senilai Rp 15.000 per orang. Tarif yang dikenakan itu belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan di sana.

"Sementara fasilitas penunjang di pantai-pantai tersebut sangat minim. Konsumen dipastikan akan keberatan masuk ke area tersebut. Sedangkan, mayoritas pantai aksesnya telah tertutup hotel dan resor wisata lainnya," tutur Tulus.

Sebelumnya pada September 2014 lalu, pemilik akun Facebook bernama Dewi Kabisat Andriyani, mengunggah kwitansi pembayaran makanan sejumlah Rp 1 juta yang diakuinya berada di sebuah restoran di Anyer.

Dalam kwitansi yang tak menyebutkan nama restoran tersebut, ada tujuh menu makanan dan minuman yang dipesan. Namun, harga tersebut memang terbilang mahal. Dua ikan bakar seharga Rp 400.000, satu cumi saus tiram Rp 180.000, tiga cah kangkung Rp 200.000, satu baso sapi Rp 20.000, dua nasi putih Rp 90.000, dua lalap sambal Rp 30.000, dan satu es teh manis Rp 80.000.

Maka dari itu, sang pemesan makanan tersebut pun harus membayar Rp 1 juta. (Baca: Postingan Korban "Makan Mahal" di Anyer Bikin Heboh Media Sosial)

"Hati-hati makan di 'rumah makan' sekitaran Pantai Anyer. Baru kali ini makan sampai sejuta. Mending eksklusif, kaya warung pecel ayam. Bakso semangkok harganya ckck. Bakso kecil-kecil gitu aja," demikian tulis Dewi di atas unggahan foto kuitansinya di Facebook miliknya.

  1 Komentar untuk Pungli di Anyer

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar