Puluhan Pelajar Di Kota Bogor Jadi Pelopor Keselamatan

31495 medium dlsbzmfvsai92hu
TANAH SAREAL, AYOBOGOR.COM -- Sedikitnya sebanyak 50 pelajar di Kota Bogor dipercaya menjadi pelopor keselamatan transportasi jalan. Mereka akan turun ke jalanan untuk melakukan aksi simpatik keselamatan transportasi jalan di dua lokasi berbeda di Kota Bogor.

Aksi simpatik ini dilakukan dengan cara memberikan arahan kepada masyarakat yang tidak memakai helm atau melakukan pelanggaran lalu lintas. Selain memberikan arahan mereka juga akan membagikan 50 helm gratis untuk pengendara yang tidak memakai helm.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Rakhmawati mengatakan tujuan dibentuknya pelajar pelopor keselamatan ini untuk menjadikan mereka duta bagi teman sebayanya baik di sekolah dan masyarakat. Pasalnya, anak-anak remaja paling rawan mengalami kecelakaan.

"Mereka kita sebar di dua titik, yakni di Jalan Dadali dan Jalan Pajajaran," kata Rakhmawati, Selasa (28/8/2018).

Dia mengatakan pihaknya menargetkan sebanyak 100 pelajar tiap tahunnya untuk dibina menjadi pelajar pelopor keselamatan. Dan ini merupakan tahap kedua, sementara tahap pertamanya sudah dilakukan pada Juli lalu.

"Mereka tentunya bukan sekedar menjadi contoh tetapi juga harus menjadi disiplin. Dan selama setahun ke depan mereka akan terlibat dalam kegiatan Dishub terutama saat sosialisasi keselamatan ke SD, SMP sebagai narasumber," jelas Rakhmawati.

Sementara itu, salah satu Pelajar Pelopor Keselamatan Yuda Raka Valen Finanta mengaku bangga dipercaya jadi pelopor keselamatan. Sebagai pelajar pelopor dia menyadari keselamatan dalam berkendara merupakan hal penting dan hal ini juga perlu diketahui oleh masyarakat.

"Kami bangga bisa menjadi bagian dari pelopor keselamatan berkendara, karena kami bisa mengajak masyarakat taat, tertib dan disiplin berkendara, mudah-mudahan aksi yang kami lakukan membuat masyarakat lebih memperhatikan keselamatan berlalulintas," katanya.

Oleh Husnul Khatimah, pada Aug 28, 2018
Editor : Dadi Haryadi
Sudah dilihat 31 kali

Komentar