PROGRAM TAHFIDZ MEMBANGUN KARAKTER QUR'ANI PESERTA DIDIK

43489 medium img 20181020 wa0001
Kata tahfidz merupakan bentuk masdar ghoir mim dari kata حَفَّظَ – يُحَفِّظُ – تَحْفِيْظًا yang mempunyai arti menghafalkan. Sedangkan menurut Abdul Aziz Abdul Rauf definisi tahfidz atau menghafal adalah proses mengulang sesuatu, baik dengan membaca atau mendengar.

Di Indonesia, khususnya di pondok-pondok pesantren, program ini sudah menjadi program wajib, dimana sebelum para santri lulus, mereka diwajibkan menghafal beberapa juz sebagai pra syarat kelulusan/menjadi alumni.

Beberapa saat terakhir ini, hafidz-hafidz cilik Indonesia banyak yang mendapatkan juara dan pengakuan dari dunia Internasional tentang kehebatan mereka dalam menghafal dan mentafsirkan Al-Qur'an. Dan itu menjadi penyemangat buat kami yang sedang belajar sebagai pemula.

Di sekolah kami (smp 3 Kopang). Meskipun berstatus sekolah umum, namun tekad kami, tak ingin kalah dengan pondok pesantren.

Kami berusaha terus-menerus, meskipun banyak kendala, untuk berusaha menghafal sebanyak mungkin surat demi surat dari Al-Qur'an dengan harapan semoga Alloh SWT membuka pintu hidayahNya untuk kami, agar kami senantiasa dekat dengan imam kami (Al-Qur'an).

Selain itu, harapan besar kami adalah agar para alumni SMPN 3 Kopang menjadi alumni yang berkualitas dan berkarakter Qur'ani.

Metode yg diterapkan oleh pembina kami yaitu dengan memanfaatkan tutor sebanya yang lebih baik bacaannya dan banyak hafalannya. Mereka, para tutor menjadi penagih hasil hafalan teman-teman mereka, sesuai kelompok binaan yang sudah dibagi di masing-masing kelas.

Hingga berjalannya waktu,  alhamdulillah di sekolah Spentikop program ini berjalan baik dan lancar serta sudah banyak para tutor sebaya yang sudah sampai pada target hafalan pertama yaitu juz ke-30.
Semoga program ini bisa membuat para siswa/siswi mendapatkan manfaat di waktu mwndatang dan program ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah umum di Indonesia dan NTB khususnya.
#SekolahkuNTB
Sudah dilihat 110 kali

Komentar