PROGRAM MANGROVE, BUKAN SEKEDAR MOMENTUM TAHUN BARU

44510 medium post 51322 3084d0a0 7a49 4687 a1d9 d255799eed61 2018 12 31t14 27 26.909 08 00
Perbuatan positif itu, tidak selamanya akan ditanggapi positif, apalagi mendapat dukungan riil dengan berpartisipasi melaksanakannya. Tetapi, itu bukanlah alasan untuk berlaku stagnan, apalagi meng-cancel planning yang sudah terprogram dengan sistematis.
Jangankan orang lain. saudara dan kawan seperjuangnpun, bisa berlaku tidak adil dengan niat baik kita. Dukungan dan support yang harusnya muncul pertama kali dari mereka, malah membuat kita sedikit menghela nafas panjang atas respek mereka.
Itulah gambaran, tentang kondisi riil sebuah perjuangan. Apapun bentuknya dan dimanapun terjadinya, seringkali akan berlaku seperti itu.
Apa penyebabnya...?
Bisa karena ketidakpedulian/ketidaktertarikan terhadap apa yang kita tawarkan, ataukah mereka memang benar-benar tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk bersinergi dengan kita.
Seorang bijak pernah berkata "apa yang kamu pikir dan kerjakan BAIK, jangan pernah berpikir, semua orang akan menganggap itu baik, apalagi berharap mereka mendukungmu. Tapi sebaiknya, kamu berpikir semoga kebaikan yang kamu perbuat dapat mendatangkan manfaat bagi banyak orang, tidak lebih dari itu. Jika kemudian mereka mendukung dan ikut ambil bagian, maka itu adalah bonus bagimu".
Kata-kata bijak itu, ternyata cukup bisa membuat hati sedikit tenang.
Dan tanpa diduga, temen-temen dari ATMAGO mengajak ikut ambil bagian dalam sebuah program pelestarian lingkungan di pesisir Pantai Jambianom Desa Medana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.
Ajakan tersebut, persis seperti situasi yang dialami penulis, saat sebuah ide dan kerja positif, yang tidak selalu dinilai dan mendapat dikungan positif, meski dari orang terdekat sekalipun.
Penulis berpikir bahwa persepsi itu bisa dimentahkan, dengan signal positif pula dari Komunitas Atmago di SMP Negeri 3 Kopang.
Meskipun personil kami terbatas ( 10 orang), Kami siap mendukung program pelestarian lingkungan yang disponsori dan diagendakan oleh temen-temen AtmaGo, dengan penuh antusias dan berharap semoga keikhlasan kita untuk melangkah menuju lokasi, dan dengan menanam satu pohon mangrove akan membuat manfaat besar bagi jutaan makhluk yang menerima manfaat darinya. #IdePositifKerjaPositifDukunganpunPositif #JanganMengakuFriendSejatiKalauMasihSukaMenyimpan1000AlasanUntukTidakMendukungIdePositifnya
Sudah dilihat 69 kali

Komentar