Program Asri Tanpa Plastik, Upaya Pemkab Bogor Kurangi Sampah

51443 medium img 20190225 092840
Oleh : Husnul Khatimah

CIBINONG, AYOBOGOR.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan mencanangkan program Asri Tanpa Plastik (Antik) dan Peresmian Bank Sampah Pusat. Peresmian digelar di area parkir Cibinong City Point, pada Minggu (24/2/2019).

Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin, mengatakan dalam waktu dekat pemkab akan melakukan langkah konkret terkait pengurangan penggunaan plastik dengan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup).

“Saya akan segera membuat dan menandatangani Peraturan Bupati Asri Tanpa Plastik atau Antik karena sampah plastik ini terbilang bahaya," ujar Ade dalam pernyataan resmi yang dirilis Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Senin (25/2/2019).

Perbup Antik itu nantinya akan menyasar pengurangan penggunaan kantong plastik, sedotan plastik, dan kemasan plastik. Pihak-pihak yang menjadi target adalah pusat perbelanjaaan, toko modern, restoran, hotel, cafe, pusat jajanan, tempat hiburan, lembaga pendidikan, lembaga negara instansi vertikal, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).Menurut Ade, Perbup Antik harus diterapkan sebab sampah plastik membutuhkan waktu puluhan tahun untuk diurai dan bahkan berpeluang menyebarkan penyakit.

"Sampah plastik dan styrofoam sulit terurai hingga puluhan tahun dan keberadaan sampah tersebut bisa berpeluang menimbulkan jenis penyakit baru termasuk kanker karena di dalam sampah tersebut bisa ada unsur bakteri mikrobanya," papar Ade.

Oleh sebab itu, menurutnya, semua pihak harus mempersiapkan diri dan secara bertahap mulai mengurangi penggunaan kantong plastik dan styrofoam. Masyarakat juga harus membiasakan diri membawa alternatif pengganti kantong plastik ramah lingkungan ketika berbelanja.

"Demikian pula dengan peralatan makan dan minum, saya minta gunakan peralatan kemasan isi ulang yang tidak mencemari lingkungan,” ujar Ade.
Sudah dilihat 35 kali

Komentar