PRODUK PENGRAJIN PANDE BESI DUSUN BEREMBENG

14 February 2019, 22:29
3 5 114
Gambar untuk PRODUK PENGRAJIN PANDE BESI DUSUN BEREMBENG
LOMNOK, LOMBOK TENGAH – Dusun Berembeng merupakan salah satu dusun yang ada di Desa Pengenjek mayoritas warganya selain bekerja sebagai pedagang, petani, dan wiraswasta, tidak sedikit dari mereka juga berprofesi sebagai penempa besi atau pengrajin pande besi.

Dan profesi ini merupkan mata pencaharian utama oleh sebagaian besar warga dusun Berembeng, sehingga Dusun Berembeng pun dikenal sebagai sentral Produk Kerajinan Pande Besi.

Entah sejak kapan profesi pandai besi menjadi mata pencaharian utama di dusun berembeng, yang jelas berbekal ketekunan dan keuletan mereka tidak pernah bosan melakoni profesi ini, Dengan berbahan baku potongan besi seperti per Cidomo dan mobil bekas, mereka bisa menciptakan berbagai jenis kerajinan besi seperti parang, sabit, pisau, samurai, dan lainya.

Suara dentuman palu besi sudah biasa terdengar di Dusun Berembeng. Rata-rata rutinitas mereka dimulai sejak pukul 06.00 pagi,dan berakhir pukul 16 .30, dengan diselingi istirahat siang selama sekitar 1 jam. Dalam seharinya dan mereka dapat menghasilkan 15-30 parang atau kerajinan besi lainnya setiap hari.

Adapun proses pembentukan besi hingga menjadi parang ataupun arit, tidak bisa dikerjakan sendirian saja. Pekerjaan pandai besi membutuhkan 3 orang yang masing-masing punya peranan yang tidak bisa dirangkap. Satu orang sebagai tukang pompa dan pengontrol api, satu orang pimpinan yang memimpin proses produksinya, dan seorang lagi sebagai tukang tempa utama.

Tugas tukang tempa utama berhadapan dengan menempa besi yang masih bulat menjadi tipis dan berbentuk , Kemudian, besi yang sudah dibentuk akan dihaluskan lagi memakai kikir, atau sekarang menggunakan Gerinda (Selep) lalu dimatangkan lagi agar hasil lebih maksimal.

Proses selanjutnya diberikan pegangan yang rata-rata terbuat dari kayu, lalu diasah. Setelah melalu proses itu, hasil kerajinan baru bisa dipasarkan, Dengan profesi sebagai pengrajin pande besi warga dusun berembeng sudah merasa cukup untuk menafkahi keluarga.|010|001|

  5 Komentar untuk PRODUK PENGRAJIN PANDE BESI DUSUN BEREMBENG

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar