Ponsel Memiliki Masa Kadaluarsa Lho..!

24621 medium kadaluarsa ponsel april 2018
Ternyata tidak hanya makanan saja yang bisa 'kadaluarsa', teknologi pun punya masanya sendiri untuk diganti. Jika memiliki ponsel yang telah berusia dua tahun atau bahkan lebih maka sebaiknya segera menggantinya karena beberapa alasan berikut ini.

1. Aplikasi terus berkembang
Setiap hari teknologi terus berkembang dan beberapa aplikasi smartphone mendapat update dan peningkatan performa. Dengan kata lain untuk menjalankannya juga bertambah berat.

Sedangkan teknologi ponsel jadul tidak bisa mengikutinya, katakanlah untuk menjalankan suatu game berat dulu RAM 1 Gb sudah cukup, namun sekarang bahkan RAM 2 Gb pun sudah terasa kurang. Selain itu memori aplikasi yang semakin besar, namun memori ponsel jaman dahulu masih sangat sedikit tentu akan sangat berat untuk menjalankan aplikasi jaman sekarang.

2. Sistem Operasi
Sama dengan aplikasi sistem operasi android juga rajin diperbarui, mungkin untuk ponsel yang berusi dua tahun masih layak digunakan, namun bagaimana jika lebih. Semakin hari peraturan aplikasi juga semakin ketat seiring perkembangannya dan misalnya WhatsApp yang sudah tidak kompatibel digunakan di Ponsel Android 4.1 kebawah. Tentu hal ini sangat merugikan dan sebaiknya mengganti ponsel jika ingin terus menggunakan aplikasi bersangkutan.

3. Memori ponsel
Hal ini sebenarnya juga menyangkut aplikasi, memori juga merupakan permasalahan smartphone lawas. Hal ini terlihat dari seringnya keluhan pengguna smartphone lama yang mengeluhkan memori penuh. Padahal aplikasi yang semakin membengkak ukurannya, namun memori bawaan yang sangat minim. Bahayanya lagi jika dibiarkan terlalu lama memori internal penuh akan memperlambat kinerja ponsel dan berpengaruh pada 'kesehatan' ponsel.

4. Performa tidak maksimal
Tekonolgi yang berkembang diikuti dengan aplikasi yang berkembang pula, sedangkan ponsel lama masih mengandalkan teknologi lama yang tentu saja tidak semuanya kompatibel dengan teknologi terbaru. Dalam hal ini akan berakibat pada penurunan performa smartphone yang tidak bisa powerfull, untuk itulah mengapa disarankan untuk mengganti ponsel jika sudah melambat atau mulai mengalami penurunan performa.

5. Baterai yang mulai melemah
Baterai merupakan permasalahan sejak lama, mengingat smartphone zaman dahulu memiliki baterai dengan kapasitas rendah dan sangat boros. Apalagi jika sudah berumur, tentu baterai akan melemah dan mulai mengalami pemborosan, mungkin solusinya bisa dengan menggantinya. Namun, terkadang ada beberapa seri dengan baterai sudah sulit ditemukan di toko-toko.

6. Rentan Kerusakan
Ini adalah hal wajar dan sangat lumrah serta dialami oleh semua benda elektronik yang sudah berumur. Jika kinerjanya sudah mulai melemah, sedangkan hardware ataupun software juga tidak powerfull seperti saat pertama kali beli. Dan kerusakan yang sering dikeluhkan adalah ponsel lawas sangat mudah sekali Bootlop, kondisi ponsel menyala hanya sampai logo saja, dalam hal ini smartphone harus di instal ulang. Namun jika gagal ada indikasi smartphone tersebut telah mengalami kerusakan eMMC dan harus diganti dengan tarif mahal hingga ratusan ribu.

Sumber : Intisari
Sudah dilihat 127 kali

Komentar