Politik orang muda itu kreatif bukan politik lebay

19 August 2019, 06:22 WIB
1 0 109
Gambar untuk Politik orang muda itu kreatif bukan politik lebay
Politik orang muda itu kreatif bukan menebar kebencian_ oleh Ketua Komunitas Penulis Kreatif Sulawesi Tengah Heandly Mangkali, SKM

Orang muda harus melek terhadap semua issue sensitif, yah saya sepakat soal itu, apalagi bila berkaitan dengan tahun politik. Maka yang akan berkembang menjadi pembicaraan otomatis semua berkaitan dan selalu dikaitkan dengan tema politik, terutama yang berkaitan dengan pilihan politik.

Perdebatan dalam perbedaan pilihan, bahkan saling kritis adalah sebuah keniscayaan dalam berdemokrasi. Apalagi politik saat ini, banyak menawarkan figur-figur muda yang potensial dan memiliki rekam jejak yang menarik, untuk dijagokan maju dalam konstestasi pilkada.

Orang muda harus memiliki sikap dan konsistensi yang jelas, dalam menentukan pilihannya, terutama menyikapi perbedaan, karna akan memberikan edukasi bagi generasi berikutnya. Tentu keteladanan dibutuhkan dalam menyampaikan berbagai pesan politik, jika ada komunitas yang menyampaikan dukungannya terhadap kandidat A, maka kita harus menggagas ide yang kreatif dalam menawarkan pilihan B, ide yang lahir dari pemikiran atau realita di masyarakat. Bukan kita menebarkan kebencian dan berupaya menolak pilihan orang yang berbeda dari kita.

Beberapa orang dari komunitas pengangguran dan beberapa model fotografy di kota palu, seperti vivian misalkan. Dia orang yang tidak begitu paham politik, tapi dia mengkritisi kandidat dengan mengajak kawan-kawannya dan menginisiasi gerakan "cabut paku pohon" yang memasang reklame dibeberapa ruas jalan di kota palu. Dan mereka menitip sebuah pemikiran, bahwa walikota yang didukung adalah yang mencintai pohon dikota palu.

Saya pikir cara cara mengedukasi politik bagi generasi selanjutnya, harus dibentuk dari upaya upaya kreatif yang dilakukan hari ini. Apalagi saat ini media sosial dapat menembus semua titik dan cepat diakses oleh warga, maka penyampaian pesan secara kolektif pada ruang publik, akan semakin mudah di akses.

Semoga orang muda yang disebut generasi politik masa depan, lebih menyajikan pemikiran yang kreatif dalam menyampaikan pesan politisnya. Orang muda harus ikut mendukung kebebasan berpendapat, dengan prestasi yang kreatif. Melawan penebaran kebencian, informasi hoax yang jelas dominan bertujuan memberikan rasa kebencian terhadap orang lain.
Selamat pagi orang muda yang hebat...

  Komentar untuk Politik orang muda itu kreatif bukan politik lebay

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. New Normal Starter Pack

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Cibeurum, Sukabumi Kota  |  30 May 2020
  2. Warga RW 22, Mergangsan Kidul Sulap Selokan Jadi Lahan Budidaya Ikan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Jun 2020
  3. Viral Video Anak Merokok, Yayasan Lentera Anak : Pelanggaran Peraturan Dan Hak Anak

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Jagakarsa, Jakarta Selatan  |  28 May 2020
  4. Penyakit Cengkal

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Kalipuro, Banyuwangi  |  30 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    Aceh Sukses Putus Rantai Penyebaran COVID

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  28 May 2020
  2. 3
    Komentar

    TIDAK PERLU AJARI KAMI NEW NORMAL, SUDAH BIASA BOSCU

    Dhani Rama  di  Palu Kota  |  1 Jun 2020
  3. 3
    Komentar

    KAMPUNG UJUNG BERBENAH SAMBUT NEW NORMAL

    Ayu Darwiyanti  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  31 May 2020
  4. 2
    Komentar