Polemik R3: Bima Akui Banyak Mudarat Akibat Jalan Ditutup

1 April 2019, 17:09 WIB
1 0 54
Gambar untuk Polemik R3: Bima Akui Banyak Mudarat Akibat Jalan Ditutup
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM--Polemik jalan Ring Road Regional (R3) belum berakhir. Hingga saat ini akses warga masih tertutup akibat proses ganti rugi yang belum selesai. Karena, belum ada kata sepakat antara Pemerintah Kota Bogor dengan pemilik lahan.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, jalan yang telah ditutup sejak tiga bulan lalu itu memberikan banyak mudarat bagi warga. Karena itu, jalan harus segera dibuka.

"Harus segera dibuka. Ini UMKM mati, warung-warung tutup, warga macet, jarak tempuh jadi lama jadi banyak mudaratnya. Kita ingin segera dibuka," ujar Bima ditemui di gedung baru DPRD Kota Bogor, Senin (1/4/2019).

Menurutnya, Pemkot Bogor sebenarnya telah menyiapkan anggaran untuk ganti rugi lahan seluas 1987 meter persegi milik Siti Khodijah. Namun pemilik lahan belum menerima jumlah nilai ganti rugi yang ditawarkan Pemkot Bogor melalui penilaian appraisal.

Berdasarkan hitungan appraisal, Pemkot Bogor harus membayarkan uang sejumlah Rp14,9 miliar sebagai ganti rugi. Namun dalam musyawarah terakhir, pemilik lahan meminta adanya ganti rugi konpesasi pemakaian lahan pada 2014-2018 selain hasil appraisal.

"Jadi anggaran sudah ada cuma pemilik lahan mengangap angkanya itu belum cocok. Padahal, kita berdasarkan apraisal gak bisa melebihi appraisal," kata Bima.

Selanjutnya, Pemkot Bogor akan mengikuti proses hukum melalui pengadilan untuk penyelesaim polemik jalur alternatif di Kota Bogor ini.

Sementara proses hukum berjalan Bima mengaku telah berkirim surat kepada pemilik lahan agar jalan R3 dibuka dulu bagi warga.

"Kita tunggu keputusan (pemilik lahan), tetapi kita ikuti juga proses pengadilan kalau pengadilan memerintahkan untuk buka tentu kita lebih senang kalau bisa hari ini juga dibuka. Kami berharap di proses sidang pengadilan memutuskan untuk membuka dulu itu yang penting," tukas Bima.

  Komentar untuk Polemik R3: Bima Akui Banyak Mudarat Akibat Jalan Ditutup

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!