PMI MENGINISIASI RENCANA KONTIJENSI GEMPA BUMI KABUPATEN BANYUWANGI

22 November 2019, 00:31 WIB
0 0 184
Gambar untuk PMI MENGINISIASI RENCANA KONTIJENSI GEMPA BUMI KABUPATEN BANYUWANGI
Pembukaan

Banyuwangi, 21/11/2019 di lounge Lobby Mirah Hotel telah resmi dibuka Penyusunan Rencana Kontijensi ( Renkon) Bencana Gempa Bumi Kabupaten Banyuwangi, di inisiasi oleh PMI Kabupaten Banyuwangi, melalui Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi Indonesia , kerjasama dengan Palang Merah America.

Sebelum pembukaan rangkaian acara diawali oleh menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berdoa.
Ucapan selamat datang dari pengurus PMI Kab. Banyuwangi kepada 40 peserta yaitu TNI, POLRI, Lanal, Kodim, Media ( Orari , Banyuwangi TV, Rapi , Telkom) dan instasi terkait, BMKG, Basarnas, SKPD,BPBD dan 17 kecamatan rawan bencana. Dalam sambutan ramah beliau Bp. DR. H. Nurhadi, MM menyampaikan Laporan kerja pengurus PMI.

Bahwa Dasar pelaksanaan kegiatan adalah panduan teknis kegiatan yang bertujuan menginisiasi Renkon gempa bumi , membantu tugas BPBD seperti tertuang pada UU no 1 th 2018, dan rencana operasi tanggap darurat.

Kegiatannya nanti bagaimana menyamakan persepsi, dan menyatukan pemahaman antara PMI dan stakeholder, meng update data sektor terkait, klarifikasi dan ferivikasi, dan menyusun rancangan draft Renkon. Anggaran kegiatan sepenuhnya di dukung Amcross melalui program kesiapsiagaan gempa bumi.

Harapan pengurus PMI kabupaten Banyuwangi, terciptanya kordinasi yang baik antara PMI dan stakeholder dalam menyusun Renkon.

Acara kemudian dibuka oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat DR. Suyanto Waspo Tondo W, M,Si. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa kadang kondisi bencana tidak terpikirkan, respon masyarakat kurang, dan aura ketegangan pada saat bencana adalah memperlihatkan kekurangan kita dalam menghadapi masalah bencana.

Tugas kita bagaimana menyatukan stakeholder menjadi dalam kesatupahaman dan bagaimana cara kita menularkan kesiapsiagaan ini terhadap masyarakat?

Menurut beliau hal ini minimal harus dibicarakan dalam setiap pidato Pak Camat.

Harapan beliau pada kegiatan rencana kontijensi bencana gempa bumi Kabupaten Banyuwangi ini agar semua stakeholder bisa terlibat, karena di perlukan ketergerakan semua lapisan supaya bisa bergulir ke masyarakat , dan agar masyarakat memahami bagaimana kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi, demikian tungkasnya menutup sambutannya dalam kegiatan renkon ini, dan kemudian resmi membuka acara tersebut dengan ucapan Bismillahirrohmaanirrohim.

Yulianingtias
Sibat Mojopanggung Atmagoer
21/11/2019

  Komentar untuk PMI MENGINISIASI RENCANA KONTIJENSI GEMPA BUMI KABUPATEN BANYUWANGI

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!