PMI Kab. Banyuwangi Susun SOP Gempa Bumi di Tengah Pandemi

4 0 132
Gambar untuk PMI Kab. Banyuwangi Susun SOP Gempa Bumi di Tengah Pandemi
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur selama dua hari 23 - 24 Oktober 2020 telah melakukan lokakarya penyusunan dokumen standar oprasional prosedur (SOP) Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi sebagai langkah kesiapsiagaan bencana dan antisipasi terjadinya gempa bumi di Kabupaten Banyuwangi.

Bertempat di Aula PMI Kabupaten Banyuwangi, kegiatan ini diikuti oleh peserta dari internal PMI Kabupaten Banyuwangi, meliputi pengurus, staf Markas, serta perwakilan relawan anggota Korps Sukarela (KSR) maupun TSR (Tenaga Sukarela) Markas sebanyak 20 orang dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

Penyusunan SOP tersebut bertujuan untuk memberikan petunjuk dan kejelasan langkah yang harus dikerjakan oleh jajaran 3 Pilar PMI Kabupaten Banyuwangi (Pengurus, Staf dan Pelawan) dalam melaksanakan upaya tanggap darurat bencana di Kabupaten Banyuwangi secara terintegrasi bersama dan di bawah koordinasi BPBD Kabupaten Banyuwangi beserta segenap jajaran terkait.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program kesiapsiagaan gempa bumi yang dilaksanakan melalui dukungan PMI Pusat, USAID, dan Palang Merah Amerika (Amcross) di wilayah PMI Kab. Banyuwangi, kata Dr. H. Nurhadi, MM. Plt. Ketua PMI Kab. Banyuwangi saat memberikan pengarahan pada hari ke 2 lokakarya penyusunan SOP di Banyuwangi, Sabtu 24/10/2020.

Menurut beliau, SOP ini merupakan bagian yang terintegrasi dengan pedoman penanganan darurat bencana dan Standard Operasional Prosedur (SOP) PMI Pusat, PMI Provinsi, dan BPBD Kabupaten Banyuwangi. SOP ini dibuat untuk dikaji dan disepakati bersama sama antara Pengurus, Staff, dan Relawan PMI Kabupaten Banyuwangi, sebelum diterbitkan keputusan pengesahan dokumen ini, paparnya lebih lanjut.

"Dalam pelaksanaannya, penyusunan dokumen SOP ini disesuaikan dengan hasil penilaian asumsi kondisi darurat akibat ancaman gempa bumi yang melakukan melalui kajian risiko dan kerentanan serta potensi kapasitas sumber daya PMI, merujuk pada kebijakan, peraturan, dan pedoman PMI, serta berdasarkan Kebijakan dan Instruksi yang diatur dan diterbitkan oleh Pengurus PMI Kabupaten Banyuwangi;

"Dalam kegiatan ini juga dilakukan uji coba kesiapan dan ketrampilan diri dan organisasi, khususnya pengurus, staf, dan relawan Markas PMI Kab. Banyuwangi, untuk keselamatan diri dalam menghadapi kedaruratan bencana Gempabumi yaitu dengan melakukan perlindungan, penyelamatan diri, evakuasi, komunikasi dan koordinasi, baik di internal PMI maupun dengan BPBD Kabupaten Banyuwangi, sebagai langkah strategis kesiapan PMI menuju aktivasi Rencana Kontinjensi Gempa di Banyuwangi", ungkap Fasilitator PMI Provinsi Jawa Timur Dra. Arna Ferrajuanie yang mendampingi penyusunan SOP ini.

  Komentar untuk PMI Kab. Banyuwangi Susun SOP Gempa Bumi di Tengah Pandemi

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Kabupaten Bandung Kembali Perbarui Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Baleendah, Bandung Kabupaten  |  18 Nov 2020
  2. "Daring Sosialisasi Peta Bencana.id disaat Pandemi"

    Saffanah Mubarok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  20 Nov 2020
  3. Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    The Secret of happiness

    Umi Hadiqotul Jannah  di  Jombang, Jember  |  21 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    GESEKAN YANG POSITIF

    TOKHIDUL MIKBAR  di  Jatibarang, Brebes  |  21 Nov 2020
  3. 2
    Komentar

    Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. 2
    Komentar

    Kabupaten Bandung Kembali Perbarui Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Baleendah, Bandung Kabupaten  |  18 Nov 2020