PMI GELAR LOKAKARYA STRATEGI KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN PRILAKU SOSIAL

12 February 2020, 23:39 WIB
5 0 241
Gambar untuk PMI GELAR LOKAKARYA STRATEGI KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN PRILAKU SOSIAL
Bogor, 12/02/2020 PMI gelar Lokakarya Strategi Komunikasi dan Perubahan prilaku Sosial , di hotel Mirah. Acara dibuka oleh Muchrizal Harris selaku DM Manager Palang Merah Amerika yang bertanggung jawab pada proyek kesiapsiagaan gempa bumi.

Menurut Haris, "dalam kegiatan akan membuat draf strategi perubahan prilaku sosial. "Proyek Kesiapsiagaan Gempa Bumi Indonesia di 2 kota/kabupaten yaitu Sukabumi (Baros) dan Banyuwangi (Mojopanggung,Taman Baru)." Program Kesiapsiagaan gempa bumi ini didanai oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika untuk Bantuan Bencana Luar Negeri (USAID/OFDA), yang dilaksanakan oleh PMI dengan dukungan dari Palang Merah Amerika . Disampaikan pula oleh beliau, tujuan kegiatanya adalah mengurangi dampak kerugian atau kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana gempa bumi, kemudian meningkatkan edukasi terkait kesiapsiagaan, memperluas kerjasama dengan pemerintah , perusahan , organisasi, dan LSM sehingga mampu berkolaborasi merubah prilaku sosial dalam kesiapsiagaan bencana gempa bumi." imbuhnya.

Fernando Garcia, selaku Lead Consultant of SBCC (Social Behavior Change Community) menurut beliau pernah bertandang ke 122 negara di dunia, dalam pembukaan menyampaikan " aturan bagi seluruh peserta selama mengikuti pelajaran, diharapkan fokus pada materi, sehingga peserta tidak boleh mengoprasikan laptop dan Hand phone celluler di kelas." tegasnya dalam bahasa asing.

Para peserta adalah merupakan campuran para ahli gempa dan tanggap darurat bencana, personil mitra PMI yang berpengalaman dalam respons dan mobilisasi masyarakat , memiliki pengetahuan kondisi Sukabumi dan Banyuwangi wilayah yang menjalakan program, BPBD, PUPR, SKALA, IFRC, serta perwakilan USAID di Indonesia (Palang Merah Amerika), PMI Banyuwangi, Sibat Mojopanggung dan Taman baru juga dilibatkan sebagai perwakilan pelaksana program.

Empat pilar SBCC menurut Vida Parady Fasilitator, mencakup penelitian atau analisa, kemudian Advokasi yang dalam hal ini pemerintah diharapkan bisa membuat kebijakan, menyusul kemudian mobilisasi terhadap komunitas dengan komunikasi interpersonal sehingga menjangkau audiens, dan pilar terakhir menurut beliau adalah media terkait mengedukasi diluar jangkauan secara geografis atau jarak jauh." terangnya.

Suatu kebetulan, Eka Muharom selaku perwakilan BPPD Banyuwangi, beliau berasal dari Sukabumi yang kini berdomisili di Banyuwangi. Beliau mencoba mengidentifikasi dengan menjelaskan 2 wilayah dengan kultur yang berbeda. Menurutnya "Banyuwangi dan Sukabumi memiliki kesamaan yaitu warganya sama sama religius, namun bedanya Banyuwangi memiliki masyarakat lebih heterogen sehingga lebih kompleks." ujarnya, dan keterangan ini membantu penilaian masyarakat di 2 kota terkait, menurut Haris.

"SBCC merupakan proses interaktif dengan komunitas maupun individu sebagai upaya merangsang respon positif sehingga perlu menggali motivasi apa yang membuat masyarakat melakukan perubahan ." terang Ms Vida.

#hari pertama

  Komentar untuk PMI GELAR LOKAKARYA STRATEGI KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN PRILAKU SOSIAL

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Aksi MasBayu #6 Wirogunan di Kampung Nyutran

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  12 Jul 2020
  2. Pemuda Banyuwangi Bagikan Sembako Mandiri Kepada Warga Terdampak Covid-19

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Srono, Banyuwangi  |  10 Jul 2020
  3. RAPID TEST COVID-19: Dalam Kacamata Medis dan Pendapat Masyarakat

    Dhevi Citra  di  Manguharjo, Madiun Kota  |  10 Jul 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Gempa M 5,1 Kembali Mengguncang Banten, 2 Kali Dalam Sepekan

    Chotrun Nadaa  di  Bayah, Lebak  |  14 Jul 2020
  2. 1
    Komentar

    Banjir Menerjang Kecamatan Luwu Utara

    Muh Agung  di  Masamba, Luwu Utara  |  14 Jul 2020
  3. 1
    Komentar
  4. 0
    Komentar

    Pembatasan Pergerakan Lintas Antar Daerah Telah Berjalan

    Mugniar  di  Rappocini, Makassar  |  14 Jul 2020