PMI GELAR LOKAKARYA STRATEGI KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN PRILAKU SOSIAL

12 February 2020, 23:39 WIB
5 0 216
Gambar untuk PMI GELAR LOKAKARYA STRATEGI KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN PRILAKU SOSIAL
Bogor, 12/02/2020 PMI gelar Lokakarya Strategi Komunikasi dan Perubahan prilaku Sosial , di hotel Mirah. Acara dibuka oleh Muchrizal Harris selaku DM Manager Palang Merah Amerika yang bertanggung jawab pada proyek kesiapsiagaan gempa bumi.

Menurut Haris, "dalam kegiatan akan membuat draf strategi perubahan prilaku sosial. "Proyek Kesiapsiagaan Gempa Bumi Indonesia di 2 kota/kabupaten yaitu Sukabumi (Baros) dan Banyuwangi (Mojopanggung,Taman Baru)." Program Kesiapsiagaan gempa bumi ini didanai oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika untuk Bantuan Bencana Luar Negeri (USAID/OFDA), yang dilaksanakan oleh PMI dengan dukungan dari Palang Merah Amerika . Disampaikan pula oleh beliau, tujuan kegiatanya adalah mengurangi dampak kerugian atau kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana gempa bumi, kemudian meningkatkan edukasi terkait kesiapsiagaan, memperluas kerjasama dengan pemerintah , perusahan , organisasi, dan LSM sehingga mampu berkolaborasi merubah prilaku sosial dalam kesiapsiagaan bencana gempa bumi." imbuhnya.

Fernando Garcia, selaku Lead Consultant of SBCC (Social Behavior Change Community) menurut beliau pernah bertandang ke 122 negara di dunia, dalam pembukaan menyampaikan " aturan bagi seluruh peserta selama mengikuti pelajaran, diharapkan fokus pada materi, sehingga peserta tidak boleh mengoprasikan laptop dan Hand phone celluler di kelas." tegasnya dalam bahasa asing.

Para peserta adalah merupakan campuran para ahli gempa dan tanggap darurat bencana, personil mitra PMI yang berpengalaman dalam respons dan mobilisasi masyarakat , memiliki pengetahuan kondisi Sukabumi dan Banyuwangi wilayah yang menjalakan program, BPBD, PUPR, SKALA, IFRC, serta perwakilan USAID di Indonesia (Palang Merah Amerika), PMI Banyuwangi, Sibat Mojopanggung dan Taman baru juga dilibatkan sebagai perwakilan pelaksana program.

Empat pilar SBCC menurut Vida Parady Fasilitator, mencakup penelitian atau analisa, kemudian Advokasi yang dalam hal ini pemerintah diharapkan bisa membuat kebijakan, menyusul kemudian mobilisasi terhadap komunitas dengan komunikasi interpersonal sehingga menjangkau audiens, dan pilar terakhir menurut beliau adalah media terkait mengedukasi diluar jangkauan secara geografis atau jarak jauh." terangnya.

Suatu kebetulan, Eka Muharom selaku perwakilan BPPD Banyuwangi, beliau berasal dari Sukabumi yang kini berdomisili di Banyuwangi. Beliau mencoba mengidentifikasi dengan menjelaskan 2 wilayah dengan kultur yang berbeda. Menurutnya "Banyuwangi dan Sukabumi memiliki kesamaan yaitu warganya sama sama religius, namun bedanya Banyuwangi memiliki masyarakat lebih heterogen sehingga lebih kompleks." ujarnya, dan keterangan ini membantu penilaian masyarakat di 2 kota terkait, menurut Haris.

"SBCC merupakan proses interaktif dengan komunitas maupun individu sebagai upaya merangsang respon positif sehingga perlu menggali motivasi apa yang membuat masyarakat melakukan perubahan ." terang Ms Vida.

#hari pertama

  Komentar untuk PMI GELAR LOKAKARYA STRATEGI KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN PRILAKU SOSIAL

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. VERIFIKASI NO HP TERDAFTAR UNTUK PROGRAM KJP PLUS DAN KJMU

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jatinegara, Jakarta Timur  |  6 Apr 2020
  2. PENDAFTARAN DAN PENGKAITAN REKENING KJP PLUS DAN KJMU KE JAKONE MOBILE

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cilincing, Jakarta Utara  |  6 Apr 2020
  3. BAHU MEMBAHU, PUSKESMAS BONJERUK DAN PEMDES LAWAN COVID-19

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  1 Apr 2020
  4. Keseriusan Warga BTN Kopang dalam Pencegahan COVID - 19

    narma  di  Kopang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    FAMILY QUALITY TIME.

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020
  2. 4
    Komentar
  3. 4
    Komentar

    Penyerahan Masker Dan Hand Sanitizer Di Daerah Bogor Dan Puskesmas Tanah Sareal

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Tanah Sareal, Bogor Kota  |  1 Apr 2020
  4. 4
    Komentar

    BERBAGI ITU INDAH SELALU ADA HIKMAH DI BALIK MUSIBAH

    Moezza  di  Sukawangi, Bekasi Kabupaten  |  31 Mar 2020