PKK Bantu Kesejahtraan Anggota

29 April 2019, 09:33 WIB
5 1 140
Gambar untuk PKK Bantu Kesejahtraan Anggota
Guna menambah pendapatan anggota dan kas organisasi, civitas Tim Pengerak Program Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Bojong Cae, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, membentuk Kelompok kerja (Pokja) Home Industri pembuatan keripik pisang, keripik singkong serta Jamur crispy.

Ditegasakan Kepala Desa Bojong Cae Usup, bahwa peran kaum perempuan yang tergabung dalam PKK desa, akan lebih bermanfaat jika mampu mengembangkan sayap kegiatan organisasi ke hal yang lebih spesifik lagi.

“Ada tiga produk yang coba dikembangkan TP.PKK Desa Bojong Cae ini, yaitu home industri keripik pisang, singkong dan jamur crispy. Namun, untuk bahan baku jamur crispy sulit didapat, maka sambil mencari jalan keluarnya, Pokja PKK baru dapat memproduk keripik pisang saja dan produksi dibulan berikutnya keripik singkong,” katanya, di lokasi produksi keripik pisang, Minggu (28/4)

Ditegaskan Usup, untuk menopang kegitan home industri Pokja PKK tersebut, pihaknya coba mengoftimalkan anggaran PKK, yang setiap tahunnya disalurkan melalui alokasi Anggaran Dana Desa (ADD).

Tujuannya, pembentukan Pokja Home industri ini, bukan saja sekedar menyerap anggaran. Akan tetapi, bagaimana dengan modal yang ada Pokja PKK mampu mengembangkan anggaran ke hal yang lebih bermanfaat dan menyentuh, yaitu terjadinya peningkatan pendapatan perekonomian anggota.

“Hasil produksi itu kan bisa dijual, yang pemasarannya bisa ke warung-warung lokal desa dan luar desa. Sehingga hasil penjualannya nanti bisa untuk menambah income dan pendapatan mereka. Ya, kalau pun ada sisa, maka sebagian kecilnya agar disisihkan untuk kas organisasi,” terangnya.

Terpisah, Munawaroh Ketua Pokja I menuturkan, bahwa kelompoknya saat ini tengah memproduksi keripik pisang. Menurutnya, ada dua rasa yang dihasilkan dari produksi keripik pisang tersebut, yaitu keripik pisang rasa manis dan guruh.

“Baru dua rasa pak, yang ini rasa manis dan ini rasa gurih. Untuk memperoleh rasa manis, kami murni menggunakan gula merah dan gula putih. Terpenting produksi kami sehat, karena tidak menggunakan bahan pengawet, selain itu kami bertekad untuk memberdayakan potensi pisang lokal, sebagai bahan baku pokok,” tukasnya, seraya menunjukan keripik yang usai di packing.

  1 Komentar untuk PKK Bantu Kesejahtraan Anggota

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. SELAMAT KEPADA BUPATI LOMBOK UTARA

    @ichaq_rasyid  di  Praya, Lombok Tengah  |  12 Feb 2020
  2. Atraksi Teaterikal Peserta Karnaval Putri Mandalika 2020

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  14 Feb 2020
  3. Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  4. KABID ILMATE PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB KUNJUNGI PENGRAJIN ALAT PERTANIAN DI DUSUN BEREMBENG

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    Bakesbangpoldagri: Banyak Wilayah di NTB Terpapar Narkoba

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  13 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    Kegiatan Aisyiyah Kec. Mergangsan meriah

    Rita Jatmikowati  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  14 Feb 2020
  4. 4
    Komentar

    Dari IMPOSIBLE Menjadi I 'M POSSIBLE

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  17 Feb 2020