PIK Remaja Blambangan Jadi Relawan Pendidikan

8 February 2020, 08:43 WIB
8 3 273
Gambar untuk PIK Remaja Blambangan Jadi Relawan Pendidikan
Di Sisi kota Banyuwangi , Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, bertempat di Balai lingkungan Mojoroto, tak jarang tempat ini diramaikan dengan riuh suara anak anak bercengkrama. Usai belajar selalu ada Fun game. Mereka PiK.Remaja dan komunitas Sinau Bareng. Sekitar bagdo maghrib, seperti biasa hampir setiap 2 hari sekali balai lingkungan Mojoroto ramai, jadi wadah pembelajaran bagi remaja PIK.R Blambangan (Pusat Informasi dan Konselling Remaja).

PIK.R Blambangan adalah komunitas remaja usia 10-24 tahun dan belum menikah, namun kali ini di dominasi remaja belia yang masih duduk di bangku SMP dan SMA sederajat. Aktivitas rutin mereka usai maghrib mendampingi dan menjadi guru bagi adik adik SD di lingkungannya, kegiatan yang patut di apresiasi.

Ditemui di Balai lingkungan, pembinanya, saat kegiatan rutin ini berlangsung, menurutnya kegiatan ini sangat efektive dalam mengarahkan remaja berkegiatan positip. Didalam kegiatan Sinau bareng ini "Disini remaja bisa belajar bersosial, belajar bicara, belajar memimpin, belajar bijak bersosmed, sehingga remaja bisa berkreasi." Imbuhnya.

7 Februari 2020 PIK.R kedatangan Kunjungan Lurah Mojopanggung Tri Kusuma Jaya beserta keluarga, beliau dan istri sangat mengapresiasi kegiatan remaja PIK.R lingkungan Mojoroto. "Alhamdulillah, remajanya telaten ngajari adek adeknya, semoga bisa terus berlanjut kegiatannya, karena positip dan sangat tepat sasaran" tegas bu Lurah yang selalu familier pada masyarakat.

Menurut pembina PIK.R yang juga COE BKR ( Kelompok Percontohan Bina Keluarga Remaja Kecamatan Giri), "kegiatan ini sudah berlangsung sejak pertengahan Juli 2019 tahun lalu. Menurut keteranganya dengan kegiatan ini, remaja belajar jadi relawan pendidikan. Karena dalam kegiatan ini walau berjasa membantu mengerjakan PR dan mendampingi belajar adik adiknya tapi remaja tidak dibayar. Uang 2000 yang dikumpulkan adik adik setiap kedatangan, jika sudah terkumpul agak banyak akan dipergunakan untuk dana oprasional kegiatan remaja, seperti kegiatan memenganan tradisional, Bank Sampah, Senam, dan kegiatan out door ke rumah literasi yang baru baru ini mereka lakukan , dengan begitu penyampaian materi PIK.R misalnya tentang pubertas, kesehatan reproduksi remaja, PHBS, tidak membosankan lagi. Ini merupakan upaya agar pembelajaran menjadi menyenangkan." terangnya.

PIK.R adalah komunitas swadaya masyarakat, tidak ada sumber dana yang mengaliri, namun Alhamdulillah Pak Lurah turut memberikan support, PLKB kecamatan Giri dan ibu ibu PKK lingkungan turut memberikan donasi untuk kegiatan remaja edukasi out door ke rumah Literasi Minggu besok.

Harapan COE BKR selaku pembina PIK.R Blambangan menyampaikan, semoga pemerintah bisa memperhatikan, karena dana selalu dibutuhkan dalam mengawal remaja berkegiatan yang seperti ini. Supaya kegiatan terus berkesinambungan. Ini sebagai upaya membentuk Generasi Berencana, karena mereka adalah calon pelaku pembangunan bangsa." imbuhnya.

  3 Komentar untuk PIK Remaja Blambangan Jadi Relawan Pendidikan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Related Posts

Terbaru

Berita Warga
37 menit

Yuk Bantu Temukan Pak Rebo

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Terpopuler

  1. SELAMAT KEPADA BUPATI LOMBOK UTARA

    @ichaq_rasyid  di  Praya, Lombok Tengah  |  12 Feb 2020
  2. Atraksi Teaterikal Peserta Karnaval Putri Mandalika 2020

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  14 Feb 2020
  3. KABID ILMATE PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB KUNJUNGI PENGRAJIN ALAT PERTANIAN DI DUSUN BEREMBENG

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  4. Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    Bakesbangpoldagri: Banyak Wilayah di NTB Terpapar Narkoba

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  13 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    Kegiatan Aisyiyah Kec. Mergangsan meriah

    Rita Jatmikowati  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  14 Feb 2020
  4. 2
    Komentar

    Antara Nilai dan Nilai Nilai

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  11 Feb 2020