Petani Terancam Gagal Panen Merugi Miliaran Rupiah

Gambar untuk Petani Terancam Gagal Panen Merugi Miliaran Rupiah
Jonggol- Sebanyak 600 hektare sawah di Kecamatan Jonggol dan Cariu Kabupaten Bogor sudah terdampak musim kemarau (kekeringan). Para petani terancam rugi hingga Rp 3,2 miliar.

"Di Jonggol dan Cariu itu 600 hektare sawah sudah kekeringan kalau hingga satu atau dua bulan kedepan tidak ada hujan maka ini bisa fuso atau gagal panen dengan kerugian sekitar Rp 3,2 miliar," ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor Siti Nuriyanti kepada wartawan, Senin (1/7/2019).

Ia mengaku kesulitan memberikan bantuan pengadaan air. Pasalnya, lokasi sawah tersebut jauh dari sumber air.

"Sumber air terdekat itu lebih dari 2 Km dan pada tahun 2015 lalu di lokasi yang sama juga terjadi fuso atau gagal panen. Kepada sawah yang rawan kekeringan seperti ini kami menerapkan pergiliran tanam komoditi non padi dan juga mengikutsertakan mereka dalam asuransi hingga kerugiannya bisa ditekan sekecil mungkin," terangnya.

Data 600 hektare sawah di Kabupaten Bogor yang terancam gagal panen melengkapi data sawah di Provinsi Jawa Barat yang rawan gagal panen (8.664 hektare) karena alasan serupa.

Selain Kabupaten Bogor, bagian Utara Jawa Barat seperti Majalengka, Indramayu, dan Cirebon merupakan daerah paling terkena dampak bencana kekeringan. Sawah-sawah yang mengalami kekeringan tersebut merupakan typikal sawah tadah hujan atau non irigasi.

"Sawah yang mengalami bencana kekeringan itu karena typikal sawah tadah hujan dan kalau mau diubah menjadi sawah irigasi itu agak sulit," jelas Nuriyanti.

Ia melanjutkan kekeringan sawah di Jonggol dan Cariu tidak mempengaruhi produksi beras Carita Makmur yang dijual langsung kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bogor karena produksinya yang mencapai 360.000 ton pertahun sementara kebutuhannya 75 ton perbulan

"Pasokan beras Carita Makmur masih aman karena kita masih dapat pasokan dari daerah penghasil beras seperti Sukamakmur, Tanjungsari, Dramaga, Tamansari, Pamijahan, Leuwisadeng, Tenjolaya, Cigombong, Cijeruk, Caringin dan lainnya," lanjutnya.
Sumber :
FB : @metrobogortimur

  Komentar untuk Petani Terancam Gagal Panen Merugi Miliaran Rupiah

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!