PESAN KERAMAT SANG GURU BANGSA

40661 medium post 47952 bd687034 b4ea 4084 bcb4 c23822944d88 2018 11 25t14 00 58.636 08 00
"Jika ingin menjadi pemimpin yang hebat, MENULISLAH seperti wartawan dan berbicaralah seperti orator"

Ungkapan di atas adalah sebuah pesan keramat sang guru bangsa HOS Cokroaminoto kepada muri-muridnya, yang salah satunya adalah sang proklamator Indonesia Ir. Sukarno.

Dalam sebuah hadits baginda Rosululloh Muhammad SAW juga pernah bersabda bahwa jika kalian melihat kemungkaran maka cegahlah dengan tangan kalian...dst.
kedua ungkapan di atas sesungguhnya memiliki korelasi yang saling menguatkan, antara satu dengan yang lainnya (teori dan praktik). Teori menjadi pemimpin hebat haruslah pintar menulis. Dimana dengan menulis, maka hakikatnya kita sedang menggunakan tangan kita untuk berjuang mencapai tujuan. Dan salah satu tujuan seorang pemimpin yang hebat adalah menciptakan kedamaian, mencegah kemungkaran dan mengayomi rakyatnya (praktiknya).

Jika kita melihat kebelakang, bagaimana sebuah teori dilahirkan oleh orang-orang yang getol bercengkerama dengan sains dan teknologi, dan lahirnya pemimpin hebat dengan berbagai skill-nya. semuanya tidak akan lepas dari perjuangan dan kesabaran sang guru, yang menabur benih ilmu pengetahuan berbalut cinta, ketulusan dan kesabaran, dalam membimbing dan mendidik para penuntut ilmu yang haus dengan pengetahuan.
Maka, tugas setiap kita yang dipercaya menyandang amanat sebagai Khalifah (Pendidik) adalah dengan tiada kata diam dan berhenti untuk terus belajar serta meningkatkan kualitas dan kapasitas kita sebagai pendidik, dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun, agar apa yang kita berikan kepada anak-anak didik kita dapat menjadi bekal yang akan memudahkan mereka menghadapi zaman dengan banyak tantangan hidup dimasa depan.

Selamat kami ucapkan kepada para Guru, yang memiliki azzam yang kuat dan pantang menyerah dalam mencerdaskan anak bangsa.
Yuk berlomba meraih prestasi menjadi idola anak-anak, agar generasi-generasi masa depan bangsa bisa tumbuh subur dan berkualitas unggul.

Sesungguhnya karakter anak bangsa tidak lahir dengan sendirinya. Tetapi lahir dari apa yang mereka lihat, dengar dan rasakan terpampang di hadapan mereka. Maka salah satu kuncinya adalah kita menjadi model mereka yang mewarnai karakter dan prilaku mereka.
Sudah dilihat 98 kali

Komentar