Personal Branding, Perlu Gak Sih?

13 August 2019, 06:18 WIB
3 0 79
Gambar untuk Personal Branding, Perlu Gak Sih?
Diera digital seperti ini, mulai dari tim dari perusahaan besar hingga perseorangan, aktivasi brand ada di mana-mana. Strategi personal branding mulai banyak diterapkan oleh berbagai kalangan orang, terutama oleh para pengelola bisnis. Itu tentunya bukan tanpa alasan, aktivasi brand bisa membawa Anda naik ke puncak karir atau bahkan menghasilkan peningkatan penjualan bagi bisnis kita.

Apa itu Personal Branding?

Mari kita simak definisi personal branding menurut para ahli:

1. Personal branding adalah sebuah seni dalam menarik dan memelihara lebih banyak klien dengan cara membentuk persepsi publik secara aktif. (Montoya, 2002)
2. Personal branding adalah kemampuan menggunakan atribut-atribut secara bebas yang menunjukkan kemampuan anda dalam mengatur harapan-harapan yang ingin orang lain terima dalam pertemuannya dengan anda. (Mobray, 2009)
3. Personal branding adalah suatu proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang, diantaranya adalah kepribadian, kemampuan, atau nilai-nilai, dan bagaimana stimulus-stimulus ini menimbulkan pesepsi positif dari masyarakat yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai alat pemasaran. (Ronald Susato, 2010)

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa personal branding merupakan persepsi orang lain terhadap diri kita yang berkaitan dengan kepribadian, kemampuan, prestasi yang dibangun dalam diri kita. Personal branding bisa dikatakan citra diri seseorang. Misalnya kita ingin dikenal sebagai Penulis.

Lalu, bagaimana cara membangunnya?

Menurut saya ada 3 cara untuk membangun Personal Branding:

1. Knowledge
Pengetahuan yang berkaitan dengan citra. Jika ingin dikenal sebagai seorang penulis, maka kita harus banyak tahu ilmu yang berkaitan dengan menulis. Jadilah pakar.
2. Skill
Setelah tahu, kita juga harus mempunyai skill untuk mendukung citra. Misalnya jika kita ingin menjadi penulis, maka kita harus punya kemampuan menyusun kata-kata menjadi karya yang menghibur, member informasi dan menginspirasi.
3. Experience
Terapkan ilmu dan skill kita dalam sebuah karya. Misalnya menjadi sebuah karya artikel, cerpen, puisi, novel dan lainnya.

Itulah sekilas tentang personal branding dan cara membangunnya. Lalu kembali pada pertanyaan: Personal Branding, perlu gak sih? Jawabannya perlu banget karena personal branding adalah salah satu Strategi Gapai Sukses di Era Digital. Semoga bermanfaat! #atmagobanten #pengembangandiri

  Komentar untuk Personal Branding, Perlu Gak Sih?

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!