Peringatan Sumpah Pemuda SMP Sanjaya Girimulyo Tahun 2019

5 November 2019, 06:48 WIB
3 0 150
Gambar untuk Peringatan Sumpah Pemuda SMP Sanjaya Girimulyo Tahun 2019
Girimulyo.atmaGo.com.

MENGINGAT 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda berarti mengingat semangat kaum muda di masa lampau. Dalam upaya meraih kemerdekaan, para pemuda dari berbagai daerah berkumpul untuk mengadakan kongres. Tujuannya menyatukan para pemuda dalam satu payung organisasi. Kongres Pemuda pertama pun terselenggara pada 1926.

Dua tahun berselang, para pemuda kembali berkongres untuk kali kedua pada 27-28 Oktober 1928. Semangat mereka untuk berkumpul membahas perjuangan kemerdekaan tak tergerus meskipun harus menempuh perjalanan jauh. Ada yang dari Sunda, Sumatra, dan Ambon. Total pemuda yang hadir mencapai 750 orang tapi hanya 75 orang yang namanya tercatat. Dan dari sepuluh perempuan yang hadir, hanya tujuh yang terjejaki.

Kongres Pemuda kedua melahirkan keputusan yang kemudian disebut Sumpah Pemuda. Istilah Sumpah Pemuda muncul setelah kongres untuk menyebut hasil kongres bersejarah yang punya semangat persatuan. Dari kongres ini kita bisa melihat semangat para pemuda untuk melakukan perubahan bagi bangsanya dengan membebaskan diri dari belenggu penjajahan.

Sembilan puluh tahun setelah Sumpah Pemuda, semangat pemuda itu masih dibutuhkan Indonesia. Masih banyak masalah yang harus dihadapi kaum muda, seperti pengangguran, kemiskinan, dan perpecahan akibat perseteruan antarkelompok. Peran pemuda menjadi penting sebagai generasi penerus yang menentukan kemajuan bangsa di masa mendatang.

Demikian isi teks Pidato Mentri Pendidikan Pemuda dan Olah Raga yang dibacakan oleh Kepala Sekolah SMP Sanjaya Girimulyo (Andreas Sudibyo.SE) dihadapan peserta upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 dihalaman sekolah. Senin (28/10/2019) yang lalu.

Lebih lanjut beliau mengharapkan bahwa semangat pemuda hari ini hendaknya mewarisi perjuangan generasi muda waktu lampau. Sebagai seorang pelajar tugas perjuangannya adalah belajar dan terus belajar. Tidak ada kata terlambat. Terus berjuang untuk masa depan yang lebih baik. Penjanjah hari ini adalah kemalasan, sikap tersebut adalah penghalang kesuksesan. Dengan demikian marilah kita mewujudkan sumpah pemuda sebagai tonggak sejarah bangsa untuk memupuk semangat belajar, spirit baru dalam mengisi kemerdekaan yang sesungguhnya. Pungkasnya.

Acara peringatan Sumpah Pemuda SMP Sanjaya kali ini dimeriahkan dengan acara puncak beberapa lomba. Antara lain lomba pukul air, senam, kebersihan kelas dan lomba cerdas cermat tentang sejarah Indonesia.

Menurut panitia lomba (Rini Musriyati, S. Pd) Kasie Kurikulum dikatakan bahwa seluruh siswa dari awal sampai akhir sangat antusias mengikuti. Adapun dari lomba yang dilaksanakan didapati juara 1,2 dan 3 dari masing-masing lomba. Hal ini sebagai bentuk keakraban antar siswa dan bukan sebagai ajang kompetisi.

#desapurwosarigirimulyo

  Komentar untuk Peringatan Sumpah Pemuda SMP Sanjaya Girimulyo Tahun 2019

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. BAHU MEMBAHU, PUSKESMAS BONJERUK DAN PEMDES LAWAN COVID-19

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  1 Apr 2020
  2. KARANG TARUNA BUNI BAKTI MENGGANDENG FORUM REMAJA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  28 Mar 2020
  3. RELAWAN APIK LAKUKAN PENGGALANGAN DANA DONASI COIN CORONA

    Abdul Hakim Sanii  di  Tarumajaya, Bekasi Kabupaten  |  27 Mar 2020
  4. Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Merindukan Bale Bangket Buger (MB3)

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  27 Mar 2020
  2. 4
    Komentar

    Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020
  3. 4
    Komentar

    BERBAGI ITU INDAH SELALU ADA HIKMAH DI BALIK MUSIBAH

    Moezza  di  Sukawangi, Bekasi Kabupaten  |  31 Mar 2020
  4. 4
    Komentar

    Belanja Dari Rumah, Ini Nomor Kontak Berbagai Pedagang Pasar Di DKI Jakarta

    Alfan Kasdar Kasdar  di  Jakarta Pusat  |  30 Mar 2020