Perhatikan, Titik-Titik Ini Rawan Macet Saat Libur Panjang

3677 medium macet 2
Libur panjang jatuh di awal pekan bulan Mei. Libur sejak tanggal 5 Mei akan dimanfaatkan banyak orang untuk libur bersama keluarga.

Diprediksi, libur panjang ini berdampak kemacetan di sejumlah ruas jalan menuju tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono mengungkapkan, personel telah disiapkan di lokasi rawan macet.

"Tadi sudah disampaikan Kapolda Metro Jaya, bahwasannya ada titik-titik penyumbang kemacetan itu, yakni mulai arus dari Karang Tengah, kemudian Tol Dalam Kota, kemudian tol masuk Jagorawi, kemudian Cikampek dan JORR. Itu adalah penyumbang arus kemacetan," ucap Awi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (2/5).

Polda Metro dibantu Polda Banten, Polrestabes Bandung maupun instansi terkait

"Kita juga kerjasama dengan jajaran instansi terkait di wilayah Jakarta, kita juga panggil polda samping dari Banten maupun Bandung. Sehingga akan terjadi koordinasi misalnya kalau terjadi kemacetan di KM 19 rest area, kemudian harus dilakukan contraflow, sehingga ada koordinasi dari pihak Kabupaten lainnya termasuk Polda Jabar," ungkapnya.

"Sehingga mungkin kalau dari Karang Tengah juga ada penyumbangan volume kendaraan yang besar menuju Tol Dalam Kota di Jakarta. Ini tentunya di dalam kota juga akan mengantisipasi khususnya di perbatasan," tambahnya.

Sementara untuk antisipasi kemacetan itu sendiri, lanjut Awi, pihaknya akan menyampaikan secara sosialisasi bahwa minimal masyarakat tahu bahwa tanggal 5 Mei hingga 8 Mei libur panjang, dan mulai tanggal 4 Mei pihaknya sudah mulai melakukan pengamanan.

"Kemudian kami sosialisasikan juga bahwa daerah-daerah rawan kemacetan tadi agar dihindari. Kemudian termasuk contraflow, rekayasa-rekayasa lalin, kemudian rest area. Kita juga akan siapkan jangan sampai nanti rest area jadi kemacetan lalin. Karena kalau kita tidak jaga, jangan sampai orang main minggir, main berhenti bikin macet, capek kita tidak ada yang ngatur," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, pihaknya juga melakukan pengamanan di sejumlah rumah ibadah. Sebab libur tanggal 5 Mei bertepatan dengan kenaikan Isa Almasih dan 6 Mei saat Isra Mi'raj.

"Tadi sudah kita rapatkan tentunya di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral sudah kita siapkan di sana pengamanannya," ungkapnya.

Sedangkan untuk tempat rekreasi, pihaknya terpusat pada tiga lokasi yang dianggap menjadi tempat favorit saat liburan, yakni Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol dan Ragunan.

"Semua pengamanan ini tentunya sudah kita antisipasikan. Untuk total personelnya jika digabungkan dengan pengamanan lainnya berjumlah 6295 personel," tutupnya.

Libur panjang kali ini, diprediksi sekitar 127 kendaraan akan keluar dari Jakarta.

"Memperkirakan 127 ribu kendaraan ke luar Jakarta termasuk ke Luar Jawa sampai ke Cikampek sana sampai ke Jagorawi. Tapi jumlah ini masih dalam perkiraan," tutupnya.
Sudah dilihat 117 kali

Komentar