Perempuan Didorong Berani Terjun Berpolitik, Ayo Maju!

28121 medium women and politics
Dear AtmaGirls, jangan salah lho - dalam pemerintahan, kehadiran perempuan sangat di butuhkan untuk mencapai demokrasi yang sesungguhnya, karena perempuan memiliki kapasitas dan kapabilitas yang dapat memepengaruhi kebijakan kebijakan untuk sektor pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Perempuan juga bisa sebagai central peradaban yang di nilai dapat menjadi bagian poros tengah yang dapat menjadi penyeimbang pengambilan kebijakan yang kontra gender.

Perempuan di Sukoharjo didorong untuk berani terjun dan berpartisipasi dalam bidang politik. Sebab keberadaan perempuan berpolitik dulu masih sangat minim dan terus menunjukan perkembangan signifikan sekarang. Salah satu upaya mencapai sasaran tersebut yakni dilakukan kegiatan sosialisasi pendidikan politik.

Ketua TP PKK Sukoharjo Etty Suryani, Jumat (13/7/2018) mengatakan, peran perempuan sangat besar diberbagai bidang salah satunya politik. Keterlibatan perempuan terjun berpolitik selama ini dianggap masih sangat minim. Namun secara perlahan beberapa tahun terakhir menunjukan peningkatan menggembirakan. Sebab sudah muncul banyak tokoh perempuan dengan banyak catatan prestasi.

Kondisi tersebut membuat para perempuan lain menjadi terpacu untuk ikut berprestasi salah satunya melalui bidang politik. Bentuknya seperti perempuan maju mencalonkan diri tampil dalam pemilu sampai memenangkan pemilihan menjadi bupati, walikota dan anggota legislatif.

Di Sukoharjo sendiri dorongan bagi para perempuan memberikan penyadaran dan meningkat dibidang politik terus dilakukan. Berbagai organisasi dibidang perempuan telah melakukan hal tersebut dengan target peningkatan pahamanan dan partisipasi.

"Dulu perempuan takut bahkan menghindari terjun berpolitik. Namun sekarang menunjukan perkembangan peningkatan signifikan dan akan terus dinaikan dengan memperbanyak sosialisasi dan kegiatan pendidikan berpolitik pada perempuan," ujar Etty Suryani.

Salah satu materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi seperti memberikan pemahaman tentang berpolitik. Sebab selama ini masih ada anggapan disebagian perempuan tentang politik yang kotor dan jahat. Padahal hal tersebut hanya dilakukan sejumlah oknum.

"Perempuan berpolitik itu penting mereka bisa menaikan derajat perempuan dan membantu masyarakat diberbagai bidang. Dengan jabatan tinggi perempuan bisa membuat program positif dan membangun daerah," lanjutnya.

Dalam memberikan sosialisasi pendidikan berpolitik diberikan contoh perempuan sukses yang menduduki jabatan dan posisi tertentu. Hal itu untuk memacu semangat para perempuan tampil dalam bidang politik.

"Partisipasi perempuan berpolitik di Sukoharjo semakin besar seperti terlihat dalam terpenuhinya kuota 30 persen perempuan dalam Pemilu Legislatif (Pileg). Bahkan sudah banyak perempuan terpilih menjadi anggota DPRD Sukoharjo," lanjutnya.

Komentar