Peran Milenial dalam Penanggulangan Bencana

16 January 2020, 22:55 WIB
2 0 133
Gambar untuk Peran Milenial dalam Penanggulangan Bencana
Kesiapsiagaan dan pencegahan adalah kunci utama penanggulangan bencana. 3.814 kejadian bencana tahun 2019 menyebabkan 418 jiwa meninggal sedangkan pada awal tahun 2020 (data per 1 - 15 Januari 2020) telah terjadi 166 kejadian bencana yang menyebabkan 71 jiwa meninggal. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan seputar kebencanaan perlu ditingkatkan untuk masyarakat agar tercipta kesadaran dan melahirkan budaya sadar bencana.

Kemudahan akses informasi saat ini menjadi kekuatan besar dalam menumbuhkan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Masyarakat dapat mencari tahu secara mandiri seperti apa langkah pencegahan dan mitigasi bencana sesuai dengan jenis risiko bencana yang ada di wilayah masing-masing.

Kemampuan generasi milenial dalam mengakses informasi merupakan peran yang sangat penting untuk menanamkan kesadaran dan menumbuhkan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Kepala Bidang Komunikasi Kebencanaan BNPB Rita Rosita menjelaskan pentingnya peran generasi milenial dalam penanggulangan bencana.

“Peran teman-teman sebagai bagian dari generasi milenial sangat penting dan besar, dengan kemampuan mengakses informasi secara cepat dan tidak terbatas ruang maupun waktu. Oleh karena itu pengetahuan kebencanaan dalam membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana dapat diterima dan dibagikan dengan mudah melalui generasi milenial,” ujar Rita dalam kegiatan Edukasi Bencana di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Qalam, Depok. (16/1)

Para siswa juga diperkenalkan dengan aplikasi InaRisk untuk mengetahui risiko bencana yang ada disekitar mereka. Melalui InaRisk para siswa dapat mengetahui risiko bencana yang ada di sekolah mereka dan Kota Depok antara lain potensi bencana banjir tingkat sedang serta gempabumi tingkat rendah sehingga para siswa dapat mengetahui apa langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum, saat dan setelah bencana.

Sumber: Humas BNPB

  Komentar untuk Peran Milenial dalam Penanggulangan Bencana

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  2. MENGAWAL KEBIJAKAN RESPONSIF JENDER DARI DESA

    Yani Mashudi  di  Manyar, Gresik  |  23 Sep 2020
  3. KOMUNITAS BELAJAR MADANI SOLO (KOMBES) terbentuk!

    Tina Dewi S  di  Surakarta Kota  |  22 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 15
    Komentar

    Royongan Komposter

    Narumi Akana  di  Wonosobo  |  27 Sep 2020
  2. 4
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  3. 3
    Komentar

    FORUM MADANI WONOSOBO

    Bhayu Surya  di  Wonosobo, Wonosobo  |  24 Sep 2020
  4. 2
    Komentar

    Goes Anyer Lagundi 31 Oktober 2020

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Pasar Rebo, Jakarta Timur  |  27 Sep 2020