Peran Generasi Muda dalam Tanggap Bencana Bersama Ismafarsi

58204 medium peran generasi muda dalam tanggap bencana bersama ismafarsi
Sebanyak 20 mahasiswa perwakilan enam Universitas yang terdiri dari UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, Institut Sains Teknologi Al Kamal, Universitas Papua, Universitas Muhammadiyah Prof Hamka, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Farmasi Bogor, dan Universitas 17 Agustus yang bernaung dalam organisasi Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) melakukan kunjungan ke Diorama Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jumat (12/4). Kunjungan ini dalam rangka pelaksanaan Program Kerja ISMAFARSI tahun 2019 yaitu ISMAFARSI Jakarta, Bogor, Depok, Lampung dan Tangerang (Jabodelata) Tanggap Bencana.

Para mahasiswa dibagi menjadi dua gelombang, antara lain gelombang pagi dan sore hari yang dipandu oleh Andri dan Adi. Melalui kunjungan ini, para mahasiswa dapat mengetahui pengetahuan tentang bencana alam secara umum dan langkah-langkah tanggap bencana guna mendukung pelaksanaan Program ISMAFARSI Jabodelata Tanggap Bencana.

Salah satu langkah tanggap bencana yang menarik perhatian para mahasiswa adalah mengetahui potensi bencana melalui aplikasi InaRISK. "Kami tertarik dengan penggunaan aplikasi InaRISK karena penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa saja potensi bencana yang ada di daerah kita masing-masing serta menjadi persiapan dalam menghadapi bencana, terutama kami sebagai generasi muda yang aktif dalam menggunakan gadget pasti akan sangat terbantu dengan aplikasi InaRISK," ujar Ine, mahasiswi semester 2 Institut Sains Teknologi Al Kamal.

Melalui kunjungan ini, diharapkan mahasiswa yang bernaung dalam organisasi ISMAFARSI dapat mengetahui lebih dalam tentang bencana alam, kegiatan apa saja yang harus dilakukan saat pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana, serta mengaplikasikan secara langsung dengan beragam aktivitas di bidang kesehatan bersama masyarakat. "Melalui Program ISMAFARSI Jabodelata Tanggap Bencana, kami sebagai generasi muda dapat ikut berperan langsung dalam penanggulangan bencana bersama masyarakat. Kami berharap melalui kunjungan ke BNPB, dapat menjadi acuan pengetahuan kebencanaan untuk pelaksanaan program kami," ujar Aldi, Staff Bidang Pemberdayaan Masyarakat ISMAFARSI.

Sumber: HUMAS BNPB
Sudah dilihat 17 kali

Komentar