peran aktif difabel dalam Pilkada Surakarta 2020

12 October 2020, 15:51 WIB
2 3 78
Peran aktif difabel dalam pilkada Solo 2020

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 akan segera digelar. Pemilihan umum tahun ini akan menjadi sejarah baru karena dilaksanakan dalam kondisi pandemi. Keputusan tersebut sudah ditetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum atau PKPU Nomor 8 Tahun 2020 pasal 8C. Isinya adalah pelaksanaan pemungutan suara serentak yang ditunda karena terjadi bencana non alam covid-19 dilaksanakan pada 9 Desember.

Tahun ini ada 270 daerah dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota di Indonesia yang akan mengelar pesta demokrasi secara serentak. Salah satu daerah yang akan menyelenggarakan pilkada serentak tersebut adalah Kota Solo. Pilkada Kota Solo akan dimeriahkan oleh dua pasangan calon (Paslon) yakni Gibran-Teguh dan Bagyo-Supardjo.

Kegiatan Pilkada dalam kondisi dan situasi yang berbeda, membutuhkan cara serta penanganan khusus dalam pelaksanaannya. Dimasa pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) ini aturan protokol kesehatan mesti harus diterapkan tanpa melunturkan tujuan pelaksanaan pemilu.

KPU-D Kota Surakarta telah membentuk relawan Gerak Pasti yang mengakomodir lima basis dalam pemilu, diantaranya, pemilih pemula, keagamaan, kelompok marjinal, dan penyandang disabilitas. Relawan ini bertujuan mengoptimalkan peran masyarakat Surakarta dalam Pilkada Solo 9 Desember nanti. Selain itu, KPU-D Surakarta juga menargetkan 77,5 persen pemilih pada Pilkada tahun ini. Jumlah itu sesuai dengan target KPU pusat.

Anggota Komisioner KPUD Surakarta, Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Bambang Kristanto, Jumat (9/10) menyampaikan, berkaca dari pemilu sebelumnya, untuk partisipasi masyarakat difabel masih sangat minim. Masih banyak yang tidak menggunakan hak suaranya. Mewakili lembaganya, ia juga berharap masyarakat difabel ikut berperan dalam mengawal demokrasi yang jujur dan berkeadilan. Salah satunya dengan ikut serta dalam relawan gerak pasti untuk memastikan sosialisasi pilkada disetiap tahapan pemilu. “Untuk itu, kami dari pihak penyelenggara Pilkada mengajak masyarakat difabel untuk aktif berperan, disetiap proses tentunya,” kata Bambang.

Salah satu relawan Gerak Pasti berbasis disabilitas, Raden Argo, Jumat, menyampaikan bahwa ada beberapa tujuan yang ingin dicapai Ketika bergabung dengan relawan Gerak Pasti. Diantaranya meningkatkan peran aktif dan partisipasi masyarakat luas, khususnya difabel dalam pelaksanaan pemilu. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat umum, tentang hak-hak masyarakat difabel.

Selain itu juga, Raden berharap kegiatan itu bisa mendorong pelaksanaan pemilu yang akses, baik dari sisi layanan maupun sarana dan prasarana bagi masyarakat difabel. Juga menginisiasi adanya program pemberdayaan politik bagi masyarakat difabel, oleh pihak penyelenggara pemilu. Dari adanya tujuan tersebut, sosialisasi menjadi langkah penting agar pelaksanaan pemilu di masa pandemi dapat berhasil dengan baik. Setiap tahapan pemilu yang berlangsung dapat berjalan sesuai yang ditargetkan, serta tetap dapat menjaga untuk meminimalisir pemaparan Covid-19 selama proses pemilu berlangsung.

Minimnya peran aktif difabel dalam pemilu, baik sebagai pengguna hak pilih maupun pengawasan partisipatifnya, disebabkan banyak hal. Antara lain minim aksesibilitas sarasa dan prasarana pemilu. Kurangnya informasi data pemilih difabel juga dapat berpengaruh terhadap kesiapan penyelenggara pemilu dalam memenuhi hak aksesibilitas masyarakat difabel. Sehingga, pengetahuan penyelenggara pemilu terkait data pemilih difabel dan jenis kedifabelannya perlu ditingkatkan
#PilkadaSolo #Respect #PPMN #JWSolo
.

  3 Komentar untuk peran aktif difabel dalam Pilkada Surakarta 2020

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Tetangga suplai logistik warga isolasi mandiri di Kepatihan

    Deni Suryanti  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. Hoax Pilkada Bisa Menimpa Siapa Saja

    Desty  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Hoax Pilkada Bisa Menimpa Siapa Saja

    Desty  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. 2
    Komentar

    Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. 2
    Komentar

    Sebagian Kain Menghasilkan Mikroplastik Ketika Dicuci

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Songgon, Banyuwangi  |  18 Oct 2020